Amoplusmagz
Flux Sporty 260 Flux Sporty 260
Amoplus Magazine - Kalau sebelumnya tim AmoPlus telah mereview seri Flux Sporty 360 yang dirancang untuk 3-way system speaker, kali ini mencoba seri Sporty... Flux Sporty 260

Speaker 2-Way System Yang Agresif dan Efisien

Amoplus Magazine – Kalau sebelumnya tim AmoPlus telah mereview seri Flux Sporty 360 yang dirancang untuk 3-way system speaker, kali ini mencoba seri Sporty 260 yang diset untuk sistem 2-way. Apalagi jika Anda menginginkan sistem tata suara yang praktis, maka sistem kali ini sangat ideal.

Seperti pada konfigurasi Flux 360, untuk midwoofer tetap menggunakan seri FS160 dengan diameter konus 165 mm yang ditunjang basket terbuat dari plat besi serta magnet besar namun slim, sehinggga masih terkesan kokoh. Konusnya sendiri masih mengadopsi jenis paper cone yang diklaim mampu memberi karakter suara yang natural.

Flux

Karena dirancang untuk 2-way, maka tidak menggunakan driver mid, dan langsung memanfaatkan driver tweeter sebagai media reproduksi frekuensi tingginya, yang menggunakan jenis soft dome 2,5 inci dengan casing tertutup namun tetap dilengkapi grill pelindung agar tidak kontak langsung dengan konus. Dan sebagai media pembagi frekuensi, disiapkan crossover rancangan Flux seri SX-260, khusus untuk sistem 2-way.

Seperti pada saat pengujian Flux Sporty 360, kami tetap menggunakan headunit yang sama , yaitu single-DIN Alpine CDE-163EBT, dipasangkan dengan amplifier empat kanal Flux Neo 75.4 yang dikonfigurasi menjadi sistem stereo, kemudian jalur keluaran speaker kami hubungkan ke masing-masing crossover pasif Flux SX-260 yang dirancang untuk sistem 2- jalur, dimana crossover ini ditunjang oleh komponen berkualitas, termasuk penggunaan jenis resistor non-induktif serta adjustable level untuk mendapatkan kualitas akurasi treble yang mumpuni

Saat pengujian speaker Flux Sporty 260, beberapa cakram CD yang direkam khusus untuk para Audiophile kami coba, terutama musik dengan genre jazz dan R&B yang coco untuk kalangan muda, termasuk CD kualitas Audiophile yang berisikan beberapa lagu kelas kontes. Di sini kami dapati kinerja speaker sistem Flux Sporty 260, mampu menampilkan performa musikalitas yang dinamis, tak luput untuk kualitas vokal pun terasa hangat, walau tidak ditunjang driver mid.

Pada bagian frekuensi tinggi yang mengandalkan tweeter jenis dome, kualitasnya tidak diragukan, karena ternyata mampu menjangkau frekuensi cukup tinggi, sehingga kolabirasi 2 jenis driver yang dipadu dengan crossover tersebut mampu bekerja secara simultan membentuk tata suara yang enerjik.

Kesimpulan kami di atas, membuktikan bahwa konsep dibalik seri Sporty ini, memang ditargetkan untuk generasi muda, yang menawarkan suara lebih agresif, dimana rangkaian Sporty dirancang serta menawarkan efisiensi dan kemudahan dalam pemasangan/instalasi, namun tetap bisa memberikan performa suara yang bagus.

Flux-2

Spesifikasi :

6,5″ Midwoofer, pressed papper cone & steel basket.
25mm v/c with special silk dome tweeter.
2- way passive crossover, with adjustable tweeter level.
Maksimum Power 75 Watt RMS, 4 Ohm Impedance.
Frequency Response: 60Hz – 20kHz

.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.