Amoplusmagz
Flux Neo 260 Flux Neo 260
Soal konfigurasinya, Flux Neo 260 pada midwoofer tetap menggunakan jenis konus berbahan kertas khusus yang sampai saat ini diyakini mampu memberi karakter suara yang... Flux Neo 260

Speaker 2-Way System Rancangan Milenial

Amoplus Magazine – Pada Edisi sebelumnya, kami tim AmoPlus pernah mengulas produk Flux seri Sporty 260 yang dirancang sebagai sistem speaker 2- jalur atau 2-way system, kali ini Flux kembali menghadirkan seri Neo 260 yang sepintas memiliki kemiripan dalam hal penampilannya.

Jika sebelumnya Flux Sporty 260 mengusung dua jenis driver FS-160 sebagai media midwoofer dan driver FS-25 sebagai tweeternya, dimana XS-260 adalah rangkaian crossover pasifnya. Sedangkan pada Seri Neo 260, driver midwoofer T-160N, tweeter domenya menggunakan HT-25N, dan rangkaian crossover pasif  XN-260. Itulah yang membedakan keduanya dalam penggunaan driver dan crossover.

Soal konfigurasinya, Flux Neo 260 pada midwoofer tetap menggunakan jenis konus berbahan kertas khusus yang sampai saat ini diyakini mampu memberi karakter suara yang natural serta ditunjang basket terbuat dari plat besi serta magnet besar namun slim, sehinggga masih terkesan kokoh.
Untuk driver tweeter sebagai media reproduksi frekuensi tingginya, menggunakan jenis silk dome 2,5 inci dengan casing tertutup namun tetap dilengkapi grill pelindung ala sarang tawon yang lebih rapat dibanding tweeter Sporty Series.

Dan sebagai media pembagi frekuensi, disiapkan Flux XN-260, khusus untuk sistem 2-way, dimana crossover 2-way system ini dapat disesuaikan melalui fasilitas swicth di dalamnya. Rangkaian ini menggunakan single-sided PCB dengan ketebalan tembaga 2 Oz  serta solder perak yang dipilih untuk memaksimalkan kontak dan transfer sinyal, termasuk penggunaan jenis resistor non-induktif serta adjustable level untuk mendapatkan kualitas akurasi treble yang mumpuni.
Pada pengujian Flux Neo 260, kami menggunakan headunit single-DIN Alpine CDE-163EBT yang dikolaborasi dengan amplifier Flux Neo 75.4 dengan konfigurasi sistem stereo, dimana setiap jalur keluaran speaker kami hubungkan langsung ke masing-masing crossover pasif Flux XN-260 yang dirancang untuk sistem 2- jalur, dimana crossover ini ditunjang oleh komponen berkualitas,

Ketika kami mencoba dengan memainkan musik dengan genre jazz dan bossanova, speaker sistem Flux Neo 260 dapat menyajikan serta mampu menampilkan performa dengan tingkat musikalitas yang optimal, nada mid-hi terasa cukup dominan, sehingga kualitas vokal pun dapat ditampilkan setiap detilnya, ini membuktikan kalau dua driver ini dapat bersinergi dengan baik.
Pada bagian frekuensi tinggi yang mengandalkan tweeter silk dome, memang tak diragukan lagi, bunyi sapuan simbal mampu direpro secara transparan dan seolah tak berujung, sehingga tak ada kesan putus dengan titik guling frekuensi atas yang landai. Begitu pula dengan suara gebukan bass drum tersaji dengan dinamis dan memberi kesan enerjik

Spesifikasi :

2 Way Component Speaker System
6,5″ Midwoofer, pressed papper cone & steel basket. 60mm Woofer Mounth Depth
25mm v/c with special silk dome tweeter.
2- way passive crossover, with adjustable tweeter level.
50 Watt Rated Power, 4 Ohm Impedance
Frequency Response : 60Hz-20Khz

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.