Amoplusmagz
Epic Collaboration Epic Collaboration
industri audio sudah mulai merasuk ke dalam komunitas mobil secara umum. Tak hanya sekedar penghobi, mereka yang awalnya berlaku sebagai penikmat pun kini mulai... Epic Collaboration

Bronson Audio Featuring Honda Night Runners

Amoplus Magazine – Kini industri audio sudah mulai merasuk ke dalam komunitas mobil secara umum. Tak hanya sekedar penghobi, mereka yang awalnya berlaku sebagai penikmat pun kini mulai berani memodifikasi sector audio di mobilnya. Yang awalnya hanya coba-coba kini menjelma menjadi sosok yang patut diperhitungkan saat turun di ranah kompetisi.

Honda Night Runners merupakan salah satu komunitas mobil yang akhir-akhir ini menjadi buah bibir di kalangan pecinta car audio tanah air. Selain karena kekompakannya, komunitas satu ini juga dikenal cukup rajin turun di ajang-ajang kontes audio mobil.

Sebagian besar anggota Honda Night Runners (HNR) memiliki system audio yang mumpuni di mobilnya. Mengenai proses perombakan seluruhnya dipercayakan pada workshop Bronson Audio yang berlokasi di bilangan Jakarta Barat. Sejauh ini kolaborasi antara Honda Night Runners dan Bronson Audio berjalan dengan baik. Buahnya sejumlah prestasi gemilang dari berbagai ajang kontes audio telah berhasil mereka raih.

Pekan lalu Amoplus coba menyambangi workshop Bronson Audio yang sekaligus menjadi “mabes” bagi Honda Night Runners. Kebetulan beberapa anggota sedang  ada di lokasi tersebut. Salah satu mobil yang menarik perhatian kami adalah Civic ini. Selain tampilan luar yang eyecatching, di bagian dalam nampaknya ia juga punya audio yang mumpuni. Kabarnya beberapa kali mobil ini juga sempat diturunkan dalam ajang kompetisi. Dan hasilnya bisa dikatakan cukup memuaskan. Sederet trophy berhasil diraihnya. Penasaran mengenai system seperti apa yang terpasang di bagian dalam ? berikut coba kami paparkan ulasannya.

Bagian main source dipercayakan pada head unit double din dari Kenwood. Perangkat tersebut terpasang rapih di slot OEM head unit pada mobil ini. Kemudian untuk sector pengolah suara ada prosesor Mosconi yang terpasang di area bagasi. Perangkat tersebut mengemban tugas sebagai sarana untuk memperbaiki atau merapihkan output suara yang dihasilkan oleh system.

Sebagai penghasil tonal, pada kabin depan dipasangkan satu set speaker 3way Flux References. Speaker seri satu ini merupakan yang tertinggi di keluarga Flux. Perihal penempatannya, tweeter dipasangkan di pilar A dengan mode off axis. Sementara itu midrange ditempatkan pada sudut kaca pintu depan. Posisinya bila pintu ditutup sama-sama off axis.  Kemudian untuk mid woofer masih ditempatkan di tempat standardnya, yaitu di trim pintu depan. “rumahnya” saja yang sedikit dimodifikasi agar kinerjanya bisa lebih optimal.

Satu subwoofer ditambahkan di bagian bagasi. Ia ditempatkan dalam box sealed yang tertanam di posisi ban serep. Dengan posisi seperti ini diharapkan area bagasi masih tetap terasa lapang. Jika sang pemilik menghendaki area ini masih bisa difungsikan sebagai mana mestinya untuk menampung barang bawaan.

oh ya, selain subwoofer dan prosesor di area bagasi juga tertanam dua buah amplifier 4 kanal dari Flux. 4 kanal dari amplifier pertama digunakan untuk menghidupkan tweeter dan midrange. Kemudian 2 kanal dari amplifier kedua digunakan untuk midbass. Sementara itu 2 kanal tersisa di-bridged untuk menggerakan subwoofer.

Secara keseluruhan audio yang diterapkan sudah tak bisa lagi dikatakan biasa. Meski pada awalnya hanya didedikasikan untuk konsumsi harian, dengan spesifikasi yang ada nyatanya ia pun siap diturunkan dalam kompetisi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − thirteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.