Amoplusmagz
Efisien Namun Punya Kualitas Efisien Namun Punya Kualitas
Jakarta, amoplusmagz.com - Sekali lagi, SQ sama sekali tak bisa dilihat dari desain sistem yang terpasang. Banyak faktor bisa berpengaruh untuk menghasilkan suara yang... Efisien Namun Punya Kualitas

Efisien Namun Punya Kualitas

“Skemanya cukup simpel, namun ia tetap sanggup menghasilkan suara yang berkualitas.”

Jakarta, amoplusmagz.com – Sekali lagi, SQ sama sekali tak bisa dilihat dari desain sistem yang terpasang. Banyak faktor bisa berpengaruh untuk menghasilkan suara yang berkualitas. Dari mulai pemilihan perangkat, positioning, hingga ke pengaplikasian treatment di dalamnya. Semua harus bersinergi dengan baik untuk menghasilkan suara yang berkualitas.

Pada mobil yang kami jumpai kali ini sang pemilik nampaknya lebih mengedepankan soal kualitas dibandingkan sector lainnya. Terlihat dari beberapa rombakan yang dilakukan semuanya hanya berfokus pada hasil suara. CRV ini adalah milik Panca, seorang pehobi audio dengan perangai yang low profile. Sistem di mobilnya ini ia buat seefisien mungkin. Mengingat dirinya yang sudah berkeluarga, jadi segala sesuatunya perlu diperhitungkan.

Sistem di mobil ini dibuat dengan genre SQ. Kebetulan Panca memang lebih sering menikmati audio tersebut saat berkendara, atau saat dirinya berada dalam mobil. Jadi SQ dinilai lebih tepat untuk diaplikasikan di mobil ini.

Soal pengerjaan Panca mempercayakan sepenuhnya pada workshop Linear Autosound yang bermarkas di bilangan Serpong, Tangerang Selatan. Workshop yang sudah sangat berpengalaman menangani audio mobil ini menggarap CRV Panca, dibuat sesuai dengan selera musikalitasnya.

Pada tempat head unit sang installer menempatkan Kenwood DDX 9019S. Kemudian untuk speaker depan kini komposisinya diubah menjadi 3way dengan perangkat dari Mapletech. Untuk mendrive speaker sekaligus melakukan pengolahan pada output suaranya sang installer mengaplikasikan DSM Amp M6 + BTS HD di CRV ini.

Beralih ke area belakang, di sini terpasang satu buah subwoofer Scanspeak 23W. Untuk bekerja ia mendapatkan suplai daya dari amplifier monoblok Pioneer. Karena ini adalah mobil SQ, jadi sudah pasti sector akustiknya harus baik dulu sebelum semua dipasangkan. Nah untuk meperbaiki sector ini sang installer membubuhkan peredam Mapletech di sejumlah titik di mobil ini. Tujuannya tak lain adalah untuk membuat suasana dalam mobi lebih tenang. Selain itu peredaman juga bisa membuat mobil terasa lebih rigid.

Secara keseluruhan meskipun skema sistemnya terlihat “low profile” nyatanya ia punya kualitas suara yang terbilang baik. Kalau untuk konsumsi harian saja sih menurut kami ini sudah lebih dari cukup. Lain halnya jika suatu saat sang pemilik ada keinginan untuk berkompetisi. Biasanya sih orang-orang yang sudah merasakan atmosfer kompetisi mereka selalu ingin lebih dan lebih lagi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.