Amoplusmagz
Pioneer DDJ-RB DJ Controller Pioneer DDJ-RB DJ Controller
Dalam dunia car audio kita tentu kenal dengan salah satu aliran yang biasa disebut dengan istilah SQL atau sound quality loud. Aliran ini banyak... Pioneer DDJ-RB DJ Controller

Salah satu perangkat yang kini banyak diminati oleh para penganut aliran SQL.

Dalam dunia car audio kita tentu kenal dengan salah satu aliran yang biasa disebut dengan istilah SQL atau sound quality loud. Aliran ini banyak digandrungi oleh kaum muda. Salah satu alasan mereka menyukai aliran ini adalah karena warna musiknya yang terkesan lebih berani. Lewat genre ini biasanya mereka lebih banyak mengeksplorasi seluk beluk modifikasi mobil. Mencoba sekreatif mungkin untuk membuat mobilnya tersebut terlihat berbeda dari yang lainnya.
Saat ini kita cukup banyak menemukan mobil-mobil beraliran SQL yang mengaplikasikan DJ Controller dalam system audionya. Dari segi konsep, kita melihatnya memang sah-sah saja. Mengingat sebagian besar musik yang diputarkan pada mobil SQL adalah musik-musik yang juga biasa dimainkan menggunakan DJ Controller. Jadi dalam hal ini antara konsep dan perangkat yang ditambahkan keduanya bisa berjalan beriringan.

Bicara mengenai DJ Controller, kita tahu bahwa Pioneer adalah salah satu brand yang juga menyediakan peralatan DJ. Alat-alat yang dikeluarkannya sudah banyak digunakan oleh DJ-DJ professional di dunia. Pada gelaran GIIAS 2016 lalu, Pioneer banyak memperkenalkan alat-alat DJ yang dimilikinya. Salah satunya adalah DDJ-RB yang kebetulan akan kami ulas pada kesempatan kali ini. Kira-kira apa sajakah fitur unggulan yang tersemat didalamnya?, yuk simak langsung saja pembahasannya sebagai berikut.

Pioneer DDJ-RB

Pioneer DDJ-RB compatible dengan software Rekordbox DJ. Software tersebut bisa didownload langsung di www.rekordbox.com. Dari segi tampilan DDJ-RB ini memiliki desain yang ringan dan kompak. Casing DDJ-RB terbuat dari plastik keras. Jogwheels pada alat DJ yang satu ini terlihat lebih stylish dengan balutan warna hitam glossy. Tepat di bagian tengahnya terdapat logo Rekordbox.
DDJ-RB ini memiliki dua kanal mixer yang dilengkapi dengan panel fader dan crossfader. Pada bagian belakangnya tersedia slot untuk mengkoneksikan headphone dengan DJ Controller. Sementara itu di bagian depan terdapat satu pasang RCA output master jack, soket USB untuk koneksi dengan laptop, dan input mic dengan volume. Pada uji coba kali ini kami coba mengkoneksikan DDJ-RB ini dengan laptop yang sebelumnya telah diinstallkan software Rekordbox DJ. Untuk tampilan interface-nya di laptop kurang lebih sama seperti gambar yang kami tampilkan pada ulasan ini.

Pioneer DDJ-RB ini telah dibekali dengan delapan fitur performance pads. Setiap baris pad yang terdapat pada controller tersebut dapat gunakan untuk Hot Cue, Pad FX, Slicer, dan Rekordbox DJ Sampler. DDJ-RB hanya memungkinkan para penggunanya untuk mengontrol dua deck yang tersedia.
Bagian FX pada perangkat ini terlihat sederhana, dengan satu FX utama Pada Buton dan dua tombol pilihan parameter serta sebuah tombol. Desain seperti ini dimaksudkan untuk menghindari tata letak yang terlalu ramai pada perangkat.
Bagi mereka yang mungkin masih tergolong pemula dalam pengoprasian DJ Controller tak perlu khawatir akan dipusingkan oleh banyaknya tombol pada alat ini. Pada dasarnya untuk mengoprasikan alat ini sebetulnya tidaklah terlalu sulit seperti yang dibayangkan. Alat ini bisa digunakan secara plug & play. Penggunanya hanya cukup menghubungkan perangkat ini dengan laptop yang sebelumnya telah terinstall software rekordbox DJ. Untuk output ke speaker bisa menggunakan kabel RCA. Mudah bukan ?
Dengan demikian, saat ini siapapun bisa bisa mengoprasikan alat ini layaknya DJ-DJ yang sudah ternama. Khususnya bagi para pecinta audio mobil beraliran SQL, dengan alat ini mereka bisa berkreasi lebih banyak lagi. Selain membuat mobilnya tampil beda, dengan alat ini mereka juga bisa me-mixing langsung lagu-lagu yang hendak mereka mainkan di sistem audio mobilnya. Menarik untuk dicoba.

Spesifikasi

Power output 4 Ohm (RMS):
576W x 1CH
Power output 2 Ohm (RMS):
970W x 1CH
Power output 1 Ohm (RMS):
1500W x 1CH
THD:
< 1%
Frequency response:
10Hz – 250Hz
Signal to noise ratio:
85dB
Recommended fuse type:
40A x 4
Dimension:
380mm x 240mm x 58mm

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.