Amoplusmagz
Detail & Powerful Detail & Powerful
Pada BMW X5 ini kami menemukan sesuatu yang beda. Saat itu kami coba memutarkan beberapa buah lagu di mobil ini, Detail & Powerful

Selain jernih, audio pada mobil ini juga terdengar begitu bertenaga.

Amoplus Magazine – Sebagian besar dari kita mungkin sudah tak asing dengan yang namanya sistem SQL. Pengaplikasian sistem seperti ini sebetulnya lebih dianjurkan untuk didengarkan di luar mobil. Aliran ini biasa digunakan para pemainnya untuk melakukan showoff. Musiknya diputar kencang, dan akurasi tonalnya tetap terjaga. Namun yang banyak terjadi saat ini adalah ketika system SQL dimainkan hanya kencangnya saja yang terasa, tonalnya sendiri justru malah tidak terlalu diperhatikan. ironis memang, sebetulnya hal tersebut tidak perlu terjadi seandainya kita tahu cara penanganan yang tepat untuk membangun system SQL.

BMW-ESound-Tweeter

BMW-ESound-midrange

Pada BMW X5 ini kami menemukan sesuatu yang beda. Saat itu kami coba memutarkan beberapa buah lagu di mobil ini, kemudian kami coba mendengarkannya di belakang mobil. Kami cukup terkejut mendengar suaranya. Selain bertenaga, detail suara yang keluar dari system audio di mobil ini terdengar begitu baik. Kemudian kami coba mengorek informasi mengenai apa saja yang sebetulnya dirombak di bagian dalamnya, dan hasil pemaparannya kami sajikan sebagai berikut.

BMW-ESound-Headunit

BMW-ESound-Headunit-2

Di bagian perangkat pemutar file, source OEM dari BMW X5 ini nampaknya masih dipertahankan oleh sang pemilik mobil. Ditambah untuk memutarkan file-file hi res sang pemilik juga turut menambahkan satu buah HU lagi, yaitu Sony RSX-G9. Jadi pada system audio yang terpasang di mobil ini terdapat dua head unit sekaligus. Untuk pengoprasiannya bisa dipilih salah satu sesuai dengan selera.

BMW-ESound-FrontSystem

BMW-ESound-Subwoofer

Speaker yang dioprasikan dalam mobil ini terbilang cukup banyak, untuk menggerakan speaker-speaker tersebut supaya bisa bekerja lebih optimal tak cukup bila hanya mengandalkan satu dua amplifier saja. Maka dari itu pada mobil X5 ini pemiliknya tak mau tanggung-tanggung, tujuh amplifier sekaligus ditanamkan di dalamnya. Ketujuh amplifier tersebut masing-masing ditugaskan untuk menggerakan speaker depan, tengah, dan speaker belakang.

BMW-ESound-RearSystem

Di lini speaker terdapat beberapa campuran merek speaker yang terpasang pada mobil ini. Namun yang lebih dominan adalah Ambitus. Speaker Ambitus pada mobil ini menempati area tengah dan belakang mobil. Sedangkan untuk bagian depan diisi oleh oleh komposisi speaker 3way dari Flux.

BMW-ESound

Box untuk tempat bersarangnya midbass di bagian belakang mobil ini ternyata dibuat dengan jenis ported. Tak heran bilamana suara rendahnya terdengar lebih bertenaga. Selain itu dibagian belakang juga tersemat dua buah horn tweeter yang terpasang pada bagian atas pintu bagasi.

SKEMA

Dengan komposisi yang ada sistem audio pada mobil ini mampu mengeluarkan suara yang tak hanya bertenaga, tapi juga detailnya tetap terjaga. Berkat akurasi tonal yang baik, suara yang dihasilkan tetap terdengar nyaman di telinga sekalipun saat musik sedang diputar kencang. Luar biasa..

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 19 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.