Amoplusmagz
Datsun GO PI (Persatuan Indonesia) Datsun GO PI (Persatuan Indonesia)
“Kami membuat modifikasi Datsun GO dengan tema Persatuan Indonesia. Ada penggambaran tentang sejarah bangsa dan simbol-simbol yang mencerminkan karakteristik Bangsa Indonesia. Datsun GO PI (Persatuan Indonesia)

Wujud Nasionalisme salah satu modifikator tanah air

Amoplus Magazine – Setelah merdeka pada 71 tahun silam, kini sudah saatnya generasi muda memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif dan kreatif. Hal tersebut salah satu bisa dituangkan dalam sebuah karya. Banyak cara bisa dilakukan generasi bangsa dalam mengisi kemerdekaan tersebut. Tomi Gunawan selaku builder modifikasi dari workshop Tomi Airbrush memiliki cara tersendiri dalam mengekspresikan rasa Nasionalisme terhadap NKRI. Melalui talenta yang dimiliki, Tomi membuat sebuah konsep modifikasi pada Datsun GO dengan tema Persatuan Indonesia (PI). Tomi menggabungkan dua konsep sekaligus di dalamnya, yakni karakteristik dan sejarah bangsa Indonesia. Dari konsep tersebut kemudian Tomi mengerucutkan menjadi sebuah grafis air brush berjudul “Indonesia Punya Cerita.”

“Kami membuat modifikasi Datsun GO dengan tema Persatuan Indonesia. Ada penggambaran tentang sejarah bangsa dan simbol-simbol yang mencerminkan karakteristik Bangsa Indonesia. Tujuan kami sederhana, hanya ingin menyampaikan pesan kepada generasi bangsa masa kini untuk mengisi kemerdekaan secara positif dengan tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa. Kami menyebutnya Datsun GO PI,” ungkapTomi.

Datsun GO PI ini dibalut dengan grafis airbrush bergambar burung Garuda pada bagian kap mesin. Hal tersebut mencerminkan lambang negara Indonesia. Kemudian Tomi mengganti bulu-bulu pada lambing burung Garuda dengan nama kota-kota besar di Indonesia, lengkap dengan tulisan Bhinneka Tunggal Ika. Lambang Negara Indonesia tersebut diapit oleh foto airbrush Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Eksterior bagian samping Datsun GO PI tergambar karakter-karakter grafis berwujud anyaman ketupat. Hal tersebut melambangkan keterikatan dan kekuatan bangsa Indonesia yang tak bisa terlepas. Inspirasi didapat dari pepatah “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh.”

Bila diperhatikan secara jeli, pada grafis modifikasi airbrush tersebut tersemat karakter-karakter keanekaragam Bangsa Indonesia. Di bagian ini kita akan menemukan motif-motif airbrush berwujud batik, rumah adat, sarung, anyaman juga kain tenun. Selain itu terdapat juga karakter-karak tergambar kekayaan budaya dan alam Indonesia. Seperti motif bergamabar Candi Borobudur, dan pesona keindahan alam pulau Bali. Masih di bagian samping, kita juga akan menemukan gambar-gambar yang mencerminkan sejarah Bangsa Indonesia berupa lukisan airbrush foto-foto Presiden RI pertama hingga keenam.

Melengkapi konsep modifikasi “Indonesia Punya Cerita”, Sang modifikator membekali Datsun GO PI dengan beberapa perubahan. Selain penguatan airbrush, di bagian eksterior Tomi beserta crew juga melakukan perubahan pada bodikit, mulai dari depan, side skirt, hingga over fender pada bagian depan dan belakang. Meski demikian modifikasi bodikit yang dilakukan tersebut tak sampai mengubah cita rasa desain asli pabrikan Datsun.

Di bagian kaki-kaki ada pengaplikasian velg Rota berdiameter 18 inci, dengan komposisi ban berukuran 235/45/18. Suspensi diganti menggunakan coilover berlabel Hot Bits dan undercarriage dibungkus dengan plat menyesuaikan bentuk serta dilapis airbrush. Jadi lebih bersih dan mencerminkan sebuah kesempurnaan modifikasi.

Selain eksterior, bagian interior juga tak luput dari sentuhan-sentuhan modifikasi. Mulai dari jok depan yang dilapisi dilapis kulit Vector. Desain lekukan dibuat menyerupai seekor ular cobra untuk depan, sementara jok belakang masih berfungsi normal. Selain itu Tomi juga turut merombak sektor audio pada Datsun GO PI ini. Ruang bagasi mobil ini kini telah disulap menjadi “sarang” bagi dua buah subwoofer, 4 speaker dan dua buah power hingga head unit double din  berlabel Pionner, semua didukung dengan Jbox custom. Luarbiasa..

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.