Amoplusmagz
Compatible For Daily & Competition Compatible For Daily & Competition
Pajero ini sejatinya merupakan mobil harian, atau masih sering digunakan pemiliknya untuk menunjang aktivitas harian. Kebetulan pemiliknya memiliki hobi di bidang audio, maka sistem... Compatible For Daily & Competition

Sistem harian yang sanggup Berjaya di ranah kompetisi

Amoplus Magazine – Pajero ini sejatinya merupakan mobil harian, atau masih sering digunakan pemiliknya untuk menunjang aktivitas harian. Kebetulan pemiliknya memiliki hobi di bidang audio, maka sistem audio di mobilnya ini dirombaknya menjadi seperti yang tampil saat ini. Sistemnya menganut aliran SQ. Namun alur perombakannya dibuat sesederhana mungkin, mengingat ini adalah mobil harian.

Sekilas bila kita lihat tampilan pada area dalam mobil ini tak banyak yang berubah. Yang terlihat mencolok hanyalah perubahan di sektor pilar A saja, selebihnya terlihat “samar” hampir sama seperti kondisi orisinilnya.

Speaker depan pada Pajero ini kini menggunakan skema 2way (midbass & fullrange) dari Audible Physics. Untuk midbass posisinya masih diletakan di tempat standard-nya pada trim pintu depan. Sementara itu untuk fullrange-nya diposisikan pada pilar A.

Sebetulnya head unit juga turut diganti dengan double din aftermarket dari Kenwood. Hanya saja karena positioningnya sama seperti standard-nya, jadi sekilas kita tak akan menyadari bahwa source pemutaran audio pada Pajero ini telah diubah.

Sebuah sistem audio akan terasa kurang lengkap bila tanpa kehadiran subwoofer sebagai penyembur suara bass-nya. Maka dari itu pada mobil ini turut ditambahkan satu unit subwoofer berlabel Crescendo Evolution One. Subwoofer tersebut diletakan di pojok kanan bagian belakang mobil, menempati box sealed yang telah dedasain secara khusus agar “fit” dengan kebutuhan subwoofer itu sendiri.

Untuk menunjang kinerja speaker-speaker yang terpasang, pada mobil ini turut dibenamkan juga dua amplifier 4 kanal beserta satu prosesor untuk pengolah suaranya. Ketiga perangkat tersebut ditaruh di bagian bawah bangku depan, masing-masing tertanam di kanan dan kiri.

Secara keseluruhan rombakan yang dilakukan terlihat sangat simple. Tan terlalu banyak ubahan namun peningkatan suaranya cukup signifikan. Kalau untuk harian saja sih ini sudah lebih dari cukup. Beberapa kali kami mendapati mobil ini sempat diikut sertakan dalam sebuah ajang kompetisi car audio. Dan bila dilihat dari nilai yang didapat sepertinya ia memang layak diperhitungkan bila diterjunkan di ranah kompetisi. Bukan hal yang mustahil bila kedepannya ia akan mampu kembali berjaya di ranah kompetisi, meraih gelar yang lebih bergensi lagi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.