Amoplusmagz
Classical Style Classical Style
Amoplus Magazine - Beberapa waktu lalu tim AmoPlus berhasil bertemu dengan seorang pemilik mobil lawas yang audionya telah diupgrade. Mobil tersebut adalah Mercedes Benz... Classical Style

Pengaplikasian sound quality bergaya klasik

Amoplus Magazine – Beberapa waktu lalu tim AmoPlus berhasil bertemu dengan seorang pemilik mobil lawas yang audionya telah diupgrade. Mobil tersebut adalah Mercedes Benz tipe W124 E220 lansiran tahun 1993. Pada zamannya, dunia car audio belum “segila” seperti sekarang ini. Dahulu audio mobil hanya bersifat alakadarnya, hanya sebatas “audio dalam mobil”, sudah itu saja. Berbeda dengan saat ini, dimana sistem audio mobil benar-benar dibuat sedemikian mirip dengan suasana sebenarnya.

Mercy-HLAudio-midrange

Mercy-HLAudio-Tweeter-Midrange-FullRange

Keberadaan Mercy lawas kini masih banyak kami temukan dilapangan. Beberapa ada yang tetap mempertahankan keasliannya. Namun beberapa ada juga yang memberikan sedikit sentuhan modifikasi agar “rasanya” lebih modern, salah satunya seperti yang kami jumpai ini. Kecuali audio, semua part yang ada pada mobil ini tetap dibiarkan orisinil. Perombakan pada sektor audio dilakukan oleh sang pemilik karena ia merasa perlu. Pada era seperti sekarang ini ia perlu sarana hiburan yang mumpuni ketika sedang berada diperjalanan. Atas alasan tersebutlah kemudian ia memutuskan untuk sedikit memodifikasi sektor audio pada mobil lawasnya ini. Workshop yang ditunjuk untuk proses perombakan adalah HL Audio, yang bermarkas di kawasan MGK Kemayoran.

Mercy-HLAudio-Owner

Sistem audio yang dianut oleh mobil ini adalah sound quality. Formatnya hampir serupa dengan pengaplikasian sistem SQ pada umumnya. Di bagian depan mengandalkan speaker 3way untuk penghasil tonal, sedangkan untuk penghasil bass-nya dibebankan pada satu subwoofer.

Mercy-HLAudio-FrontSystem

Mercy-HLAudio-RearSystem

Speaker 3way yang diaplikasikan di bagian depan ditempati oleh perangkat-perangkat lansiran Gramond. Masing-masing serinya adalah tweeter R2, midrange MR2, dan midbass R1. Untuk midbass posisinya ditempatkan pada doortrim. Midrange dibuatkan semacam housing dan ditaruh tepat menempel dengan pilar A. Sementara itu untuk tweeter ditempatkan dekat jendela (seperti terlihat pada gambar). Dalam hal ini sang pemilik tetap berusaha tak ingin menghilangkan kesan orisinil dari mobil lawasnya ini. Karenanya beberapa part orisinil tetap dibiarkan seperti aslinya. Artinya perangkat tambahan yang dinaikan benar-benar hanya ditambahkan tanpa merusak part asli dari mobil ini.

Mercy-HLAudio-Skema

Di bagian bagasi tertanam satu subwoofer untuk penyembur suara bass-nya. Subwoofer pada bagian ini disarangkan dalam box sealed yang tertanam ke area bawah bagasi. Selain subwoofer, di bagian ini juga terdapat dua amplifier Gramond dan satu prosesor Vox. Masing-masing perangkat tersebut bertugas untuk mendrive dan mengolah output suara yang dihasilkan oleh sistem audio di mobil ini.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.