Amoplusmagz
Born to Be Champion Born to Be Champion
Innova ini merupakan milik seorang pemuda bernama Alvin. Sosoknya dikenal sangat gemar terhadap dunia audio. Setiap perkembangan yang terjadi di dunia audio tak pernah... Born to Be Champion

Dibangun dengan treatment apik, system audio di mobil ini sukses menjuarai berbagai ajang kompetisi

Amoplus Magazine – Innova ini merupakan milik seorang pemuda bernama Alvin. Sosoknya dikenal sangat gemar terhadap dunia audio. Setiap perkembangan yang terjadi di dunia audio tak pernah luput dari perhatiannya. Sampai pada suatu waktu ia tertarik untuk membangun audio di mobilnya, dan kemudian jadilah sistem seperti yang terpampang saat ini.

Audio di mobil ini digarap oleh Innovation car audio, salah satu workshop audio kenamaan yang berlokasi di Jakarta. Genre yang dipilih adalah sound quality (SQ), sesuai dengan peminatan dari sang pemilik. Mengenai perangkat apa saja yang terpasang, sebagian besar Alvin mempercayakannya pada Ground Zero, produk car audio yang berasal dari Jerman.

Sejak awal dibagun, Alvin memang mendedikasikan mobil ini untuk ikut serta di berbagai ajang kontes audio mobil. Karenanya proses pembangunannya pun sedikit memakan waktu lebih lama. Sang installer benar-benar memperhatikan setiap detail pengerjaannya agar hasil yang didapat optimal. Dan memang bila dilihat sekilas pun banyak treatment khusus yang diterapkan pada Innova ini.

Posisi head unit ditempati oleh piranti Sony Hi Res. Kemudian untuk pengolahan suaranya didukung oleh prosesor keluaran Crescendo seri Evolution Nine DSP. Keduanya sama-sama memiliki kontribusi besar dalam menciptakan tatanan suara yang baik di Innova ini. Dalam tatanan sistem audio yang terpasang, mungkin hanya dua perangkat ini saja yang berasal dari brand berbeda, sisanya didominasi oleh perangkat-perangkat lansiran Ground Zero.

Speaker depan dipasangkan dengan komposisi 3way. Perangkat yang digunakan adalah dari Ground Zero. Serupa dengan komposisi 3way pada umumnya, mindrange dan tweeter pada Innova ini ditempatkan di pilar A dengan sudut yang telah ditentukan sebelumnya. Sementara itu untuk midbass tetap berada di doortrim, namun kini “rumahnya” sedikit dimodifikasi agar suara yang dihasilkan bisa lebih optimal. Sang installer juga menambahkan sebidang diffuser pada trim pintu depan, tujuannya adalah sebagai pemantul rambatan suara yang berkisar di area pintu.

Sebagai penyembur suara bass, di bagian belakang sang installer juga turut menambahkan satu unit subwoofer Ground Zero seri GZPW Reference 250. Subwoofer tersebut ditempatkan dalam box sealed. Dan sama halnya seperti treatment pada midbass di kabin depan, tepat dihadapan subwoofer di area belakang pun dibubuhi sebidang diffuser dengan jenis bahan yang sama. Tujuannya kurang lebih sama seperti yang kami sebutkan diatas.

Untuk menghidupkan speaker-speaker yang terpasang, pada Innova ini ditanamkan dua amplifier 4 kanal dari Ground Zero seri Reference 4 Pure. Amplifier pertama mendapat tugas untuk mendrive tweeter dan midrange secara aktif. Kemudian dua kanal dari amplifier kedua digunakan untuk menghidupkan midbass. Dua kanal tersisa lalu di-bridged untuk suplay tenaga ke subwoofer.

Selain penggunaan perangkat-perangkat tadi, sebetulnya masih banyak lagi treatment yang dilakukan oleh sang installer terhadap Innova ini. Hal tersebut semata-mata dilakukan agar si mobil benar-benar siap saat diturunkan dalam berbagai ajang kompetisi audio mobil.

Sejak selesai dibangun Innova ini telah mencicipi berbagai ajang kontes audio mobil di tanah air. Dan hasilnya terbilang membanggakan. Hampir di setiap ajang yang diikuti ia selalu berhasil menggondol trophy Juara utamanya. Hal tersebut mengindikasikan bahwa mobil ini memang telah benar-benar siap untuk berkompetisi.

Karena pemiliknya merupakan seorang penghobi, kemungkinan besar kedepannya Innova ini akan tetap diturunkan dalam sejumlah ajang kompetisi audio mobil. Kita lihat saja kiprahnya, akankah ia sanggup meraih prestasi yang lebih gemilang lagi ?

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.