Amoplusmagz
BeWith In Luxury BeWith In Luxury
Hingga kini mobil-mobil keluaran Mercedes masih identik dengan kesan mewahnya. Karena harganya yang terbilang masih tinggi, sangat jarang kita melihat mobil-mobil jenis ini dirombak... BeWith In Luxury

Paduan pas antara mobil dan system audionya

Amoplus Magazine – Hingga kini mobil-mobil keluaran Mercedes masih identik dengan kesan mewahnya. Karena harganya yang terbilang masih tinggi, sangat jarang kita melihat mobil-mobil jenis ini dirombak habis-habisan oleh pemiliknya. Hal tersebut mungkin hanya akan dilakukan oleh kalangan-kalangan tertentu saja, yang memang memiliki kegemaran dalam dunia modifikasi

Idealnya jika suatu mobil sudah bisa dikategorikan mewah maka sistem audionya pun tentu tak boleh biasa-biasa saja. Sistem audio yang diterapkan paling tidak harus “sepadan” dengan mobilnya. Kenapa demikian ? Selain agar semuanya terlihat lebih selaras, system audio yang diterapkan pun nantinya harus mampu membuat suasana didalam mobil menjadi terasa lebih mewah.

Beberapa waktu lalu di workshop Somesound Audio kami sempat bertemu dengan sosok Mercedes Benz CLA200 yang terparkir tepat di halaman workshop. Dari penuturan salah seorang installer Somesound kabarnya mobil ini memilik system audio yang mumpuni. Penasaran dengan kabar tersebut, kami pun coba mendekati mobil yang dimaksud, lalu masuk ke bagian dalamnya. Dari yang kami lihat pada bagian dalam mobil ini, khususnya pada bagian audio perangkat-perangkatnya telah mengalami perubahan. Dari mulai head unit hingga ke speaker-speaker yang digunakan nampak sudah berubah dari wujud semulanya.

Seperti yang dapat kita lihat speaker-speaker yang terpasang di mobil ini seluruhnya memiliki corak yang sama, putih berkelir hitam. Speaker tersebut adalah keluaran dari BeWith. Dan sebetulnya bukan hanya pada speaker saja yang menggunakan Bewith. Head unit, prosesor hingga ke amplifier yang digunakanpun seluruhnya berlabel BeWith.

Untuk head unit, kita tak akan menemukan head unit BeWith terpasang pada slot HU yang tersedia di mobil ini. Head unit BeWith yang diaplikasikan pada mobil ini wujudnya lebih menyerupai kaca spion tengah mobil. Jadi untuk penempatannya pun ditempatkan pada lokasi kaca spion tersebut. Dalam arti lain kaca spion sebelumnya dipensiunkan kemudian diganti dengan BeWith MM-1D. Secara fungsi, selain menjadi main source untuk pemutaran file audio, BeWith MM-1D ini bisa juga difungsikan sebagai kaca spion mobil. Maka dari itu ketika perangkat ini dinaikan secara tidak langsung penggunanya sudah tidak memerlukan lagi kaca spion tengah, fungsinya sudah tergantikan oleh BeWith MM-1D, sebuah head unit yang fungsinya merangkap sebagai kaca spion tengah mobil.

Line up speaker di bagian depan diisi oleh kombinasi Bewith C50 dan BeWith C130. Untuk penempatannya khusus C50 dibuatkan semacam mounting di bagian pintu depan, posisinya diatur sedemikian rupa guna memudahkan pengaturan suaranya. Untuk C130 posisinya tak banyak berubah, pada mobil ini ia masih ditempatkan di tempat midbass standard mobil.

Untuk mendapatkan suara bass yang lebih terasa, pada mobil ini turut ditambahkan satu buah subwoofer BeWith B180. Subwoofer tersebut ditempatkan di bagian belakang, tepatnya di belakang bangku bagian tengah. Box yang digunakan adalah jenis sealed. Untuk sound quality pemilihan box jenis ini memang dinilai sangat tepat. Ia memiliki control yang baik untuk menghantarkan suara bass.

Perangkat-perangkat lain seperti prosesor dan amplifier yang diaplikasikan pada mobil ini ditempatkan di bagian bagasi. Amplifier-amplifier BeWith ini penampakannya bisa dikatakan tidak terlalu besar, Sehingga meskipun jumlah yang diaplikasian cukup banyak tapi ia tidak sampai memakan space yang teramat besar pada mobil ini. Lihat saja pada foto yang berhasil kami tampilkan. Sangat efisien bukan ? sekalipun sudah terdapat perangkat-perangkat audio tambahan tapi area bagasi mobil ini masih tetap bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Pemilik mobil ini pada dasarnya memang seorang pecinta audio. Sebelum mobil ini kabarnya ia pun pernah merombak beberapa mobil miliknya yang terdahulu. Sistem yang dianut tetap mengarah ke sound quality. Pemilik mobil ini merupakan salah seorang yang merasa kurang puas dengan sistem audio standard bawaan mobil. Karena hal itulah pada mobil-mobil yang dimilikinya ia selalu melakukan perombakan pada sektor audionya. Baginya memiliki system audio yang mumpuni dalam mobil itu penting. Mengingat jalanan yang kian hari kian macet, audio bisa dijadikan salah satu solusi untuk sarana hiburan, mengusir rasa penat. Bila audionya sudah baik, setidaknya kita akan merasa lebih nyaman berada dalam mobil, sekalipun sedang berada dalam suatu situasi jalanan yang kurang kondusif.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.