Amoplusmagz
Bersih Nan Jernih Bersih Nan Jernih
Sistem audio di Toyota Innova ini seperti gemercik air yang jatuh, suara yang dihasilkan terdengar begitu jernih. Bersih Nan Jernih

Sistem audio di Toyota Innova ini seperti gemercik air yang jatuh, suara yang dihasilkan terdengar begitu jernih.

AmoPlus Magazine – Meskipun tak ditujukan untuk kompetisi, namun suara yang dihasilkan dari sistem audio di Toyota Innova ini sudah seperti mobil kontes. Selain jernih, dari segi tatanannya pun terasa begitu rapi. Sejauh ini pemiliknya belum terpikir untuk mengikut sertakan mobilnya ini ke dalam sebuah kontes car audio. Pasalnya saat ini ia masih disibukan dengan urusan pekerjaannya. Bahkan tak jarang ia ditugaskan ke luar kota karena pekerjaannya tersebut.

Bicara soal audio, sebetulnya sudah lama ia menggemari bidang ini. Namun baru-baru ini saja ia memberanikan diri untuk merombak sistem audio di mobilnya. Selain memang hobby, perombakan mobilnya kali ini terlebih karena ia ingin memiliki sistem audio yang baik, yang dapat dapat dinikmati, sekaligus menjadi sarana hiburan kala ia melakukan perjalanan jauh ke luar kota.

Sang pemilik mobil cenderung lebih menyukai tipikal musik klasik untuk diputar di mobilnya ini. Musik yang lebih mengedepankan detail suara dengan iramanya yang merdu. Karena hal tersebut pemilihan perangkat pun tentu tak boleh dilakukan sembarangan. Pada mobil ini perangkat audio yang dinaikan telah disortir terlebih dahulu, proses sortir dilakukan berdasarkan karakter suaranya yang harus sesuai dengan selera musikalitas si pemilik mobil.

Head unit & Prosesor
Slot head unit Innova ini diisi oleh Alpine IVA-W520E. Sedangkan untuk pengolah suaranya dipercayakan pada Alpine PXA-H800. Pengoperasian simpel serta kemampuannya yang terbilang oke membuat prosesor jenis ini banyak dilirik oleh para pecinta car audio. Salah satunya seperti pemilik mobil ini.

Amplifier
Selain tugas utamanya sebagai penguat suara, sedikit banyak amplifier juga memberikan pengaruh terhadap karakter suara yang dihasilkan. Karena hal itu pemilihan amplifier yang hendak dinaikan pun tak boleh asal. Agar karakter suara yang diinginkan keluar lebih tegas. Dua power Mosconi dan satu power JL Audio tertanam di mobil ini. Reproduksi suaranya terbilang baik. Ketiganya memiliki reputasi baik di ranah SQ tanah air. Karenanya tak jarang kita menemukan penggunaan perangkat ini pada mobil-mobil peserta kontes car audio, khususnya di tanah air ini.

Speaker
Bila dilihat beberapa merek mengisi line up speaker yang diaplikasikan di mobil ini. Dimulai dari speaker 3 way yang terpasang di depan. Ada dua merek speaker yang mengisi format depan. Tweeter dan midrange ditempati MPZ Studio. Sedangkan untuk midbass diisi oleh Audiofrog. Lain halnya dengan penyembur bass. Perangkat yang didaulat untuk memainkan frekuensi terendah dalam sistem audio di mobil ini adalah subwoofer JL Audio.

Pembangunan sistem audio di mobil ini memang berdasar pada selera musikalitas pemiliknya. Dan kini ekspektasi pemilik mobil ini telah terwujud. Meski perangkat audio yang terpasang terdiri dari berbagai merek, namun suara yang dihasilkan terasa kompak. Rapi, jernih, dan yang jelas terdengar nyaman di telinga.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 13 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.