Amoplusmagz
Berkat Positioning Yang Tepat Berkat Positioning Yang Tepat
Amoplus Magazine - Diperlukan kejelian yang sangat ekstra untuk membangun sebuah sistem soud quality yang baik. Saat membangun mobil setiap detailnya harus dikerjakan secara... Berkat Positioning Yang Tepat

Dalam dunia SQ banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan suara terbaik. Salah satunya dengan menempatkan setiap perangkat secara tepat.

Amoplus Magazine – Diperlukan kejelian yang sangat ekstra untuk membangun sebuah sistem soud quality yang baik. Saat membangun mobil setiap detailnya harus dikerjakan secara presisi agar tatanan suara yang dihasilkan pun terdengar rapi. Fortuner ini dibangun dengan beberapa treatment yang menarik untuk dibahas. Beberapa diantaranya adalah pembenahan akustik, pemilihan perangkat hingga ke penempatannya diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan suara yang nyaman didengar.

Fortuner-CA-Tweeter

Mobil ini digarap oleh tim Channel Audio yang bertempat di Kawasan MGK Kemayoran. Sistem yang diterapkan adalah sound quality. Sistem ini dipilih karena untuk hal perombakannya dinilai tidak terlalu ekstrim. Dalam aliran ini yang lebih diuutamakan adalah suara. Sedangkan untuk kosmetik lainnya hanya sebagai pemanis saja.

Fortuner-CA-RearSystem-Half

Hal yang perlu diperhatikan ketika membangun mobil SQ adalah akustiknya. Seperti telah diketahui mobil adalah tempat yang buruk untuk mendengarkan audio. Selain bunyi mesin yang cukup mengganggu, faktor ruangan yang tak beraturan juga mengakibatkan rambatan suara tidak berjalan dengan baik. Mensiasati hal tersebut tindakan pertama yang dilakukan oleh sang installer pada mobil ini adalah memasangkan peredam di seluruh body mobil. Jenis peredam yang digunakan adalah jenis aspal. Peredam jenis ini berfungsi untuk meminimalisir vibrasi yang timbul saat mesin hidup. Selain itu beberapa benda akustik lainnya juga turut diaplikasikan di beberapa bagian mobil ini.

Fortuner-CA-HU

Fortuner-CA-FrontSystem

Speaker 3 way yang dipasangkan di bagian depan memiliki peran penting dalam menciptakan tata suara yang baik. Namun tentu pemasangannya pun harus dilakukan dengan tepat. Sekilas, speaker 3 way Scan Speak yang terpasang di mobil ini memang nampak seperti pada umumnya. Yaitu midbass di trim serta midrange dan tweeter di pilar A. Namun bila diperhatikan secara seksama posisi midrange sedikit lebih dimajukan, atau tidak sejajar dengan tweeter. Hal ini dikarenakan midrange memiliki daya rambat lebih lambat dibandingkan dengan tweeter. Jadi agar suara keduanya tetap terdengar selaras maka positioning-nya perlu sedikit dirubah seperti terlihat pada gambar

Fortuner-CA-RearSystem

Untuk penghasil suara bass, satu buah subwoofer Eclipse dipasangkan di bagian belakang mobil. Posisinya bersebelahan dengan tiga buah amplifier yang menghidupkan speaker-speaker di mobil ini. Fortuner hitam ini telah mampu menyabet beberapa gelar juara di ajang kontes car audio. Diantaranya pada gelaran mSF beberapa waktu yang lalu. Jadi untuk soal suara tentu tak perlu diragukan. Bila sudah seperti ini kami yakin sang pemilik pun akan merasa betah untuk berlama-lama dalam mobil. Karena sistem audio yang ada di dalam mobilnya ini mampu membuat telinganya merasa nyaman.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.