Amoplusmagz
Berawal Dari Hobi Sampai Dua Kali Juara COC PAHAMI Berawal Dari Hobi Sampai Dua Kali Juara COC PAHAMI
Tahun ini kontes audio bertajuk COC PAHAMI kembali dihelat. Kontes tersebut merupakan kejuaraan yang melibatkan sejumlah asosiasi audio di Indonesia. Hanya satu juara yang... Berawal Dari Hobi Sampai Dua Kali Juara COC PAHAMI

Kegemarannya pada dunia audio mengantarkannya menuju tangga juara

Amoplus Magazine – Tahun ini kontes audio bertajuk COC PAHAMI kembali dihelat. Kontes tersebut merupakan kejuaraan yang melibatkan sejumlah asosiasi audio di Indonesia. Hanya satu juara yang dihasilkan dari kompetisi ini. Teknisnya para peserta akan dipertandingkan pada masing-masing asosiasi yang dilibatkan, sang juara dipilih berdasarkan peserta pengumpul poin tertinggi dalam klasemen.

Pada kejuaraan COC PAHAMI 2019 kemarin, di kategori Sound Quality (SQ) mobil Land Cruiser milik Ronald Safar berhasil keluar sebagai juaranya. Ini merupakan gelar juara COC PAHAMI kedua yang ia dapatkan. Tahun lalu dengan mobil yang sama ia juga berhasil menjuarai kompetisi SQ COC PAHAMI. “Mobilnya masih sama, hanya beberapa perangkat di dalamnya saja yang sedikit berubah dari tahun lalu”, ucap Ronald saat dijumpai tim AmoPlus.

Ronald Safar sejatinya merupakan seorang enthusiast audio. Semua hal yang berkaitan dengan audio ia suka. Tak hanya sebagai penikmat, ia juga gemar mengutak-atik perangkat audio, gemar melakukan eksperimen di bidang audio. Beberapa perangkat audio di mobilnya ini juga tak luput dari “tangan jahilnya”.

Awalnya Ronald membangun audio di mobil ini hanya untuk konsumsi harian saja, menemani aktivitasnya sehari-hari saat berada di lapangan. Saat perombakan ia tak ingin terlalu banyak space termakan oleh penempatan perangkat-perangkat audio tambahan. Karenanya setiap perangkat audio pada mobil ini sebisa mungkin ditaruh pada space yang jarang digunakan, seperti halnya subwoofer Dominations RS 10DF Servo yang ditanamkan pada trim belakang. Tak terlihat namun suaranya dapat dirasakan.

Sebagai penghasil tonal di kabin depan terpasang satu set speaker 3way Focal Utopia M, plus satu set super tweeter. Di area ini juga ada satu subwoofer lagi yang dipasnagkan, tepatnya di bawah dashboard sebelah kiri. Subwoofer yang di pasangkan di bagian depan adalah Focal BE 21 WX.

Untuk amplifier yang terpasang adalah Dominations RS 754 sebanyak empat buah. Beberapa komponen di bagian dalamnya telah diupgrade oleh sang pemilik. Maka dari itu dari segi hasil suaranya pun berbeda dari amplifier lainnya yang sejenis.

Head unit yang digunakan pada mobil ini adalah Dominations RSX-GS9 Pro MKI. Sekilas bentuknya memang mirip dengan salah satu produk head unit asal Jepang. Namun yang pasti ini bukanlah produk yang dimaksud karena di bagian “wajahnya” tercantum jelas tulisan Dominations RSX-GS9 Pro MKI.

Berawal dari ingin merombak audio untuk konsumsi harian, faktanya audio di mobil ini secara total sudah pernah dirombak sebanyak 9 kali di workshop yang sama. Kini sosoknya telah menjelma menjadi salah satu “monster” di dunia car audio. Berkat keampuhan sistemnya ia telah berhasil menjuarai kompetisi COC PAHAMI sebanyak dua kali berturut-turut. Suatu torehan prestasi luar biasa dari sosok yang awalnya sama sekali tak terpikir untuk ikut serta dalam sebuah kompetisi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.