Amoplusmagz
AVT DAV-6309 (C9D) AVT DAV-6309 (C9D)
Saat ini cukup sulit bagi kami untuk menemukan head unit non branded Jepang yang mempunyai fitur time alignment di dalamnya. Padahal beberapa tahun yang... AVT DAV-6309 (C9D)

Sound quality dengan tatanan yang apik, bukan hanya dari merek papan atas saja.

Amoplus Magazine – Saat ini cukup sulit bagi kami untuk menemukan head unit non branded Jepang yang mempunyai fitur time alignment di dalamnya. Padahal beberapa tahun yang lalu ada lebih dari satu merek yang menyematkan fitur ini di dalamnya. Tapi kini tampaknya hanya AVT DAV-6309 saja yang masih mempertahankan fitur tersebut.

Tidak salah juga banyak importir tidak memikirkan lagi hal tersebut. Dalam pikiran para pembeli head unit non branded dan mungkin juga installer, hal itu juga jadi pilihan nomor sekian. Kalaupun mau, banyak yang lebih suka memilih dan dipilihkan prosesor eksternal yang memang secara fungsi jauh lebih canggih dan fungsional.

Namun untuk yang hanya mau simple tanpa banyak upgrade, tapi menginginkan tatanan suara yang baik, head unit seperti ini masih sangat diperlukan. Apalagi jika dilihat dari fitur tambahan yang disematkannya.

rear

AVT DAV-6309 (C9D)

Warnanya yang hitam membuat DAV-6309 ini terkesan mewah, padahal harga yang ditawarkan benar-benar ekonomis. Bukan berarti murah lho ! Ekonomis disini dikarenakan fiturnya melimpah, jadi kalau dihitung per fitur, harganya jadi sangat murah. Memang untuk mendapatkan harga tersebut pihak AVT benar-benar sangat teliti untuk menentukan apa-apa saja yang diperlukan dan apa-apa saja yang tidak diperlukan. Jadi konsumen benar-benar dibuat puas dengan produk yang ditawarkannya.

Yang pertama kami perhatikan adalah layar monitornya, saat ini umumnya importir berlomba-lomba memasarkan head unit dengan monitor sebesar mungkin. Namun DAV-6309 hanya menggunakan monitor berukuran 6,2 inci saja, cukup kecil namun dengan ukuran tersebut AVT mengkompensasinya dengan kualitas monitor dan touch screen yang lebih baik.

Fitur “standar” lainnya yang umum ada di head unit doubel din bermonitor tetap disediakan. Seperti tv tuner analog, Bluetooth Phone dan audio, sudah disiapkan juga  GPS, dan sensor tekanan udara dan suhu di ban (sensornya dijual terpisah).

Selain itu, masih ada satu lagi fitur yang sangat menarik, yaitu “screen mirroring” yang memungkinkan menampilkan apa yang ada di layar android pada head unit, sekaligus juga suaranya. Jadi misalnya kita memutar film dari Youtube melalui android, maka film yang sama akan terlihat di layar monitor, plus suaranya akan keluar melalui sound system yang terpasang.

Dari yang sudah diuraikan di atas tampak sudah lebih dari cukup untuk membuat konsumen tertarik untuk menggunakannya, tapi bagi kami itu masih belum cukup. Fitur audio juga turut kami perhatikan. Pada DAV-6309 ada dua fitur audio unggulan, yaitu time alignment, yang bisa mendelay suara sehingga tiba di telinga dalam waktu yang bersamaan, ekualiser dan crossover sederhana. Tiga fitur ini disediakan. Memang untuk ekualisernya masih terasa kurang, hanya disediakan 3 band saja (hi, mid dan low) tapi tidak masalah, karena modelnya parametrik dengan frekuensi yang dapat digeser (dipilih).

Sound Tes

Untuk uji suara, kami memasangkan HU ini dengan power amplifier dan sepasang speaker Fabulous Acoustic FA2. Reproduksi suara audio yang kami dengar, terasa dibuat untuk menonjolkan suara vokal, sedikit suara tinggi dan bass yang menggebuk. Tapi tidak masalah, dengan bantuan ekualiser parametrik yang ada, suara settingan standar pabrik yang mungkin “disesuaikan” dengan permintaan pasar, dapat dirubah kembali sesuai dengan yang diharapkan.

Kemudian untuk posisi dengar, yang kami set untuk driver seat, dengan mudah pula diatur hingga di dapat suara vokal utama ada di tengah. Untuk settingan 2 way aktif atau 3 way, speaker berlakang kami posisikan sebagai midbass.

Uji kedua adalah untuk film, kami putarkan film Captain America. Terdengar suara efek maupun film yang baik. Memang untuk ini volume harus dibuat lebih kencang agar suasana lebih meriah. Namun yang pasti reproduksi gambar tersaji apik dengan resolusi yang baik di kelasnya.

AmoPlus Lab.

Monitor dari AVT DAV-6309 tergolong baik, dengan resolusi yang memadai. Tidak ada cross colour dan tidak ada gambar yang tidak semestinya. Semua bisa direproduksi dengan sempurna. Tidak ada juga flicker (gambar yang berkedip/bergetar). Jadi secara kualitas, monitornya dapat dipertanggung-jawabkan.

front

Spesifikasi

  • 2 – Din Multimedia
  • Layar Sentuh 6.2″ LCD touch screen (800×480)
  • DVD player ( DVD-RW, DVR+R, CD/R/RW, CD-DA, HDCD,SVCD,VCD
  • Built-in Navigation (Via Micro SD Card)
  • Built in Analog TV Tuner
  • FM/AM Tuner (Preset 18FM , 12 AM)
  • USB compatibel with MP3, WMA, MP4
  • Mosfet 50 x 4 power amplifier
  • Remote Infra Merah
  • Rear input camera
  • Screen mirroring module

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.