Amoplusmagz
Art of SQ Art of SQ
Jakarta, amoplusmagz.com - Dalam dunia SQ banyak sekali hal-hal yang bisa kita eksplor guna membuat hasil suara jadi lebih optimal. Perangkat bukan satu-satunya hal... Art of SQ

Art of SQ

Memperhatikan yang tak terlihat namun bisa didengar.

Jakarta, amoplusmagz.com – Dalam dunia SQ banyak sekali hal-hal yang bisa kita eksplor guna membuat hasil suara jadi lebih optimal. Perangkat bukan satu-satunya hal yang bisa membuat suara enak didengar, hal-hal lain seperti akustik mobil, hingga ke positioning driver semuanya benar-benar saling terkait. Itulah seni dalam SQ, dimana kita atau sang installer dituntut untuk dapat mensinergikan semua hal diatas dalam suatu sistem.

SQ memang unik, terkadang hal yang kita anggap spele justru memiliki pengaruh besar pada perubahan warna suara. Di lapangan kita banyak menemukan para pemain SQ mengaplikasikan part-part “magic” di mobilnya. Nyatanya itu bukan hanya untuk memberikan sugesti saja, namun memang memiliki pengaruh terhadap suara.

Pemilik HRV ini adalah salah satu pecinta SQ yang sangat detail dalam membangun mobilnya. Seperti yang tadi kami sebutkan di atas, ia benar-benar memperhatikan hal-hal kecil di sistem mobilnya tersebut. Kira-kira apa saja yang ia aplikasikan? Berikut kami berikan pemaparannya.

Untuk source pemutar suara ia mengandalkan Sony HiRes. Bukan dipasang didena, namun pada mobil ini justru piranti tersebut ditaruh di bagian belakang. Sang pemilik biasa mengkoneksikannya dengan smartphone via Bluetooth. Ial ini dinilai lebih praktis dan lebih related dengan trend saat ini.

Kemudian untuk penghasil tonal ia menggunakan speaker 3way dari Morel dan satu pair super tweeter dari Sony. Yap, komposisinya jadi 4way. Di kabin depan juga kita akan menemukan pengaplikasian Stein H1. Keberadaannya disinyalir mampu memberikan warna berbeda pada suara yang dihasilkan.

Di bagian bagasi terpasang dua amplifier Mosconi untuk menghidupkan speaker di bagian depan. Kemudian untuk subwoofer ada amplifier mono. Untuk subwoofer sendiri di mobil ini diposisikan di tempat ban serep. Dengan seperti ini area kabin tak banyak yang termakan, namun setiap perangkat yang dibutuhkan tetap bisa ditempatkan dengan aman dan rapih.

Masih di bagian belakang turut ditanamkan juga prosesor Helix DSP Pro MK2. Perangkat tersebutlah yang berperan untuk merapihkan tatanan suara di mobil ini. untuk sector perkabelan seluruhnya dipercayakan pada produk Tchernov, harganya lebih mahal namun kualitasnya mumpuni. Overall sang pemilik benar-benar sangat memperhatikan segala seauatu dalam membangun mobilnya ini. Tak heran bila semakin hari semakin matang.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.