Amoplusmagz
ARC Audio XDi 1200.6 ARC Audio XDi 1200.6
Arc Audio XDi 1200.6 mungkin menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan sebagai penguat daya kelas D yang teknologinya mirip kelas AB, tapi dengan tenaga yang... ARC Audio XDi 1200.6

Power Amplifier Kelas D

Amoplus Magazine – Banyak pengguna yang menginginkan sistem audio mobilnya sesimpel mungkin namun dengan kualitas suara yang baik. Tentunya ada beberapa solusi yang patut dicontoh, terutama dalam pemilihan power amplifier, termasuk penggunaan power amplifier berjenis kelas D, karena amplifier jenis tersebut memiliki tingkat efesiensi yang tinggi.

Arc Audio XDi 1200.6 mungkin menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan sebagai penguat daya kelas D yang teknologinya mirip kelas AB, tapi dengan tenaga yang lebih besar lagi, yaitu mencapai 150 Watt per kanal pada impedansi 4 Ohm.

ARC-2

Walau secara fisik dimensi Arc Audio XDi 1200.6  tergolong kecil, namun power besutan Amrik ini memiliki 6 channel, sehingga mampu mendrive sistem audio mode 3-jalur maupun 2-jalur dan ditambah subwoofer, dan tentunya sangat menguntungkan penggunanya dalam efesiensi penempatannya.

Penampilan Arc Audio XDi 1200.6 memang terlihat elegan, dimana balutan warna hitam dop dengan casing yang juga berfungsi sebagai heatsink memiliki desain yang lembut, di tengah bodi terdapat logo Arc Audio yang dapat menyala saat beroperasi melalui lampu led yang ada di baliknya, termasuk lampu led khusus yang akan menyala saat terjadi protect.

ARC-1

Bila kebanyakan power amplifier terdapat jalur masukan dan keluaran yang dipisah dalam dua sisi, XDi 1200.6 hanya menyediakan satu sisi saja, sehingga akan terlihat 6 buah jalur masukan model RCA di sebelah kiri, dan jalur keluaran speaker yang ada di sebelah kanannya. Bahkan beberapa fitur pengaturan juga terdapat di sini, seperti pengaturan lowpass, highpass dan bassboost.

Sedangkan untuk hasil setting secara akurat, Anda dapat membuka bagian muka casing melalui 4 buah baut yang terdapat di area logo, maka setelah di buka akan terlihat beberapa selektor dan trim untuk mengatur crossover, termasuk model channel yang diinginkan.

ARC

Fitur canggih lain dari Arc Audio XDi 1200.6 yang tidak kalah penting adalah dengan adanya sirkuit proteksi yang dikendalikan mikroprosesor khusus untuk mencegah kerusakan atau sebagai pengaman saat kondisi yang tidak disengaja seperti voltase rendah atau tinggi, korsleting, masalah panas, dan lainnya.

Tapi yang membuat XDi 1200.6 menonjol dari power sejenis adalah dengan menyediakan diagnostik kode kesalahan untuk perlindungan apa pun. Jika diaktifkan, ini akan memberi sinyal melalui serangkaian kilatan led panel logo papan atas. Bila amplifier beroperasi normal, panel menyala dengan warna biru. Tapi jika berwarna merah, maka kode diagnostik dengan menghitung jumlah kilatannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah menentukan masalahnya dan memperbaikinya dan mencari penyebabnya, dimana daftar kode kesalahan terdapat di buku manual

ARC-4

Memang banyak pilihan ketika harus memilih amplifier  yang tepat. Seri XDi dari Arc Audio dirancang untuk membuat keputusan lebih mudah, dengan kinerja sonik yang tidak diragukan lagi, kemampuan koneksi yang komprehensif. Ini berkat kejeniusan Robert Zeff, sang disainer “XDi hanya Kelas D yang dilakukan dengan benar.” Bila melihatnya seperti itu, keputusan Anda mungkin akan menjadi lebih mudah.

ARC-3

Spesifikasi

  • 4 Channels @ 4 ohms- 150 Watts
  • 4 Channels @ 2 ohms- 150 Watts 2
  •  Channels @ 4 ohms- 300 Watts
  • 2 Channels @ 4 ohms- 150 Watts (Ch 5&6)
  • 2 Channel @ 2 ohms- 300 Watts (Ch 5&6)
  • 1 Channel @ 4 ohms- 600 Watts (Ch 5&6)
  • Frequency Response- 20Hz – 20kHz
  • Bass Boost- 12dB @ 45Hz (Ch 5&6)
  • Remote Included- Yes XDi Trim Kit- Included
  • Dimensions- 13.0”(L) x 6.268”(W) x 2.162” (H)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.