Amoplusmagz
Antara Hobi dan Profesi Antara Hobi dan Profesi
Sistemnya menganut aliran sound quality, dibangun di workshop Tata Mobil, Medan. Meski genrenya sound quality yang dikenal “kalem”, namun dalam hal ini sang Dokter... Antara Hobi dan Profesi

Sarana pelepas penat kala rutinitas tengah padat

Amoplus Magazine – HRV hitam ini merupakan milik dari salah seorang Dokter di Kota Medan. Meski memiliki kegiatan yang terbilang padat, tapi kalau sudah soal hobi tak ada yang bisa menghalanginya untuk berkreasi.  Sebetulnya ia memiliki beberapa mobil yang audionya dirombak, namun kali ini kami akan berfokus dulu pada HRV miliknya ini.

Sistemnya menganut aliran sound quality, dibangun di workshop Tata Mobil, Medan. Meski genrenya sound quality yang dikenal “kalem”, namun dalam hal ini sang Dokter sedikit lebih ekstrim merombak mobilnya. Bahkan ia tak hanya berfokus di sektor audio, sektor eksterior juga turut dikosmetiknya, hingga kini tampilannya terlihat jauh lebih menawan.

Mengenai sistem audio yang terpasang, perangkat yang digunakan terdiri dari beberapa brand. Seperti misalnya speaker depan yang diisi oleh komposisi 3way Audiofrog.  Midrange dan tweeter pada bagian ini diposisikan secara on axis atau mengarah langsung ke posisi duduk pengemudi (pendengar). Sementara midwoofer masih ditempatkan pada tempat standard-nya pada doortrim. Satu subwoofer tak lupa ditambahkan di bagian belakang. Pada mobil ini ia ditempatkan dalam box sealed guna mendapatkan control suara yang lebih baik.

Meski banyak head unit double din menawarkan beragam fitur mumpuni, tapi pemilik mobil ini nampaknya tetap percaya pada kinerja Clarion HX-D3 sebagai mainsource di mobilnya ini. Salah satu alasan ia lebih memilih HU single din satu ini adalah karena HU tersebut dinilai memiliki kualitas reproduksi suara yang baik.

Mengenai perangkat pengolah suara berikut dengan sound processor seluruhnya dipercayakan pada perangkat lansiran Vox Research. Total ada tiga amplifier Vox dioprasikan pada mobil ini. Dua merupakan amplifier 4 kanal untuk mendrive speaker 3way depan, dan satu adalah monoblok untuk penggerak subwoofer.

Pada gelaran USACI QR1 2018 Medan beberapa waktu lalu, mobil ini jadi salah satu pesertanya. Ia berhasil menunjukan performa terbaiknya pada kontes tersebut. Karenanya saat kontes usai ia berhasil menyabet trophy 1st Runner Up pada kategori pro 12K.

Mengingat sang pemilik memiliki kecintaan terhadap dunia audio mobil, kedepannya HRV ini kemungkinan masih akan turun di beberapa ajang kontes audio. Kita nantikan saja, akankah ia sanggup untuk menghadirkan prestasi yang lebih gemilang ? kita nantikan bersama.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 20 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.