Amoplusmagz
Andalkan Produk Dalam Negeri, Siapa Takut !!! Andalkan Produk Dalam Negeri, Siapa Takut !!!
Avega ini merupakan mobil ke tiga dari komunitas Gravity (Grand Avega Community) yang kami “bedah” audionya. Pemiliknya adalah Satya, yang kebetulan juga merupakan seorang... Andalkan Produk Dalam Negeri, Siapa Takut !!!

Bukti bahwa produk dalam negeri pun mampu bersaing di kancah kontes peraudio mobilan

Amoplus Magazine – Dalam dunia audio perangkat bukanlah satu-satunya hal yang menentukan sebuah sistem bisa bersuara baik atau tidaknya. Karena selain perangkat masih banyak hal lain yang juga berperan penting dalam proses pembangunan sistem itu sendiri. Seperti diantaranya adalah proses installasi dan beberapa treatment khusus yang diberikan berbeda sesuai dengan kebutuhannya.

Avega ini merupakan mobil ke tiga dari komunitas Gravity (Grand Avega Community) yang kami “bedah” audionya. Pemiliknya adalah Satya, yang kebetulan juga merupakan seorang penghobi audio. Pada mobilnya ini ia mengaplikasikan konsep sistem yang terbilang simple. Genrenya SQ, dan beberapa perangkatnya dipercayakan pada produk buatan dalam negeri.

Perihal proses installasi seluruhnya dipercayakan pada gerai audio E’sound yang berlokasi di bilangan MGK Kemayoran. Karena konsepnya yang simple maka waktu tempuh untuk proses installasinya pun terbilang singkat. Tak sampai berminggu-minggu si mobil sudah bisa dibawa pulang.

Mengenai perangkat, seperti tadi kami katakan di awal beberapa yang terpasang pada mobil ini merupakan produk buatan lokal. Tak dapat dipungkiri hingga kini image produk lokal memang masih kurang mendapat tempat di hati para konsumen di tanah air. Meski begitu nyatanya produk satu ini mampu buktikan bahwa kualitasnya telah mendunia. Beberapa produsen mobil kenamaan di Eropa sana bahkan sempat mempercayakan produk ini sebagai piranti OEM-nya. Produk tersebut adalah SB Acoustic yang diproduksi oleh CV Sinar Baja Electric, Surabaya, Indonesia.

Oke kembali lagi ke sistem audio yang terpasang di Avega ini. Lini speaker seluruhnya dipercayakan pada produk SB Acoustic, mulai dari satu set speaker 3way depan hingga ke subwoofer yang terpasang di bagian belakang. Kemudian dua buah power ARC Audio KS 300.4 didaulat untuk menggerakan speaker-speaker yang terpasang. Untuk pengolah suaranya ditugaskan pada prosesor Helix DSP, dan untuk head unit terpasang Alpine IVE-W535EBT.

Selesai dibagun audionya mobil ini coba diikut sertakan dalam kontes audio mobil di tanah air. Hasilnya, sejumlah trophy berhasil dibawanya pulang. Hal tersebut membuktikan bahwa sistem yang terpasang bekerja dengan baik, dan menghasilkan suara yang baik pula. Beberapa trophy yang hingga kini telah berhasil dirumahkannya antara lain adalah; 2nd Place Asuka Audio Competition 2018, 2nd Place USACI Amateur 30 2018, 2nd Place Romantic Contest Audio FK3O  by IASCA 2018, 2nd Place SQ Open Class HCI 2nd Anniversary by MECA 2017, dan 1st Place EASCA Gravity Special Class 2014.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − thirteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.