Amoplusmagz
American Style on European Car American Style on European Car
Genre yang diadopsi untuk sistem audio di mobil ini lebih condong ke arah SQL. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya speaker yang ditanamkan di... American Style on European Car

Gaya rombakan audio khas Amerika pada mobil Eropa

Amoplus Magazine – Mini Cooper merupakan salah satu mobil asal Inggris yang selalu konsisten dengan konsep klasik pada setiap produk lansirannya. Mobil Mini Cooper selalu punya tampilan yang lebih beda dari kebanyakan mobil pada umumnya. Desain manis serta tampilan yang menawan membuatnya banyak dikagumi kaum muda khususnya di tanah air.

Beberapa waktu lalu kami berjumpa dengan salah satu pemilik Mini Cooper yang telah melakukan perombakan pada sector audionya. Konsep yang diusung terbilang unik, dimana mobil keluaran Eropa dimodifikasi dengan gaya Amerika. Seperti apa kira-kira penampakannya, berikut kami coba berikan ulasannya.

Genre yang diadopsi untuk sistem audio di mobil ini lebih condong ke arah SQL. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya speaker yang ditanamkan di area belakang. Mengenai perangkatnya sendiri mayoritas yang terpasang di mobil ini berasal dari satu brand asal Amerika, yakni Rockford Fosgate.

DI tempat head unit sepertinya perangkat bawaan si mobil masih dipercaya untuk memegang peranan sebagai main source. Tak ada penggantian apapun di bagian head unit. Andika sebagai pemilik mobil nampaknya masih merasa cukup nyaman dengan head unit OEM dari mobilnya ini.

Meski genre yang dianut adalah SQL yang notabene suaranya lebih ditujukan untuk didengarkan dari luar, tapi pemasangan speaker split di bagian depan tetap dirasa perlu. Karena saat dalam perjalanan, atau saat sang pemilik ada di kursi kemudi speaker di bagian inilah yang akan jadi andalannya. Atas dasar hal tersebut di bagian depan mobil ini tetap dipasangi satu set speaker split dari Rockford Fosgate.

Lanjut ke bagian inti yakni area bagasi. Penghasil tonal di area ini dipercayakan pada satu set speaker split 2way dari Rockford Fosgate. Speaker split yang dioprasikan di area ini sejatinya memang produk yang didesain untuk bermain SQL. Hal tersebut dapat dilihat secara kasat mata dari desainnya. Kelebihan jenis perangkat ini adalah daya jangkau suaranya lebih jauh, dan dari segi suara pun tentunya lebih lantang.

Dua subwoofer Rockford turut ditanamkan dalam box sealed di bagian belakang. Pemilihan box sealed didasari oleh keinginan sang pemilik untuk mendapatkan suara bass solid dengan control yang baik. Dua subwoofer ini digerakan oleh satu amplifier mono yang juga tertanam di area bagasi.

Selain amplifier monoblok, di area belakang mobil ini juga telah terpasang satu amplifier 4 kanal. Amplifier tersebut mengemban tugas untuk mendrive speaker-speaker split yang terpasang. Nah untuk pengolah suaranya dipercayakan pada prosesor Rockford yang juga terpasang di area ini.

Secara keseluruhan konsep yang diterapkan terbilang apik. Dalam hal ini sang installer dari tim FI Audio berhasil memadukan gaya Amerika ke dalam mobil keluaran Eropa. Installasi yang dilakukan pun nampak begitu rapih, dan terpenting suara yang dihasilkan dapat dinikmati dengan baik.

Pemasangan audio di mobil ini sejatinya hanya didedikasikan untuk konsumsi harian saja. Sejauh ini belum ada keinginan dari sang pemilik untuk mengikut sertakan mobilnya ini pada suatu kontes. Namun tak menutup kemungkinan kedepannya. Apapun itu yang terpenting sang pemilik nyaman dengan sistem audionya saat ini.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.