Amoplusmagz
Alpine R-S65C.2 Alpine R-S65C.2
Jakarta, amoplusmagz.com - Alpine telah membangun speaker mobil berkualitas selama beberapa dekade, dan sistem speaker komponen seri R-S65C.2 merupakan salah satu produk terbaru yang... Alpine R-S65C.2

Alpine R-S65C.2

“Sistem Speaker 2-Way Desain Minimalis Yang Bergaya.”

Jakarta, amoplusmagz.com – Alpine telah membangun speaker mobil berkualitas selama beberapa dekade, dan sistem speaker komponen seri R-S65C.2 merupakan salah satu produk terbaru yang dirilis untuk memenuhi kebutuhan sistem speaker 2-way yang simpel namun tetap elegan.

Sistem speaker besutan Alpine kali merupakan hasil evaluasi para ahli terkemuka Alpine dari seluruh dunia melalui hasil penelitian untuk menghasilkan jenis speaker yang mampu menghasilkan karekter suara kelas high end.

Speaker Alpine R-S65C.2 merupakan hasil pengembangan tekonologi terkini, yang merupakan jenis speaker sistem 2-jalur dikemas model split dan diklaim mampu mereproduksi suara dengan rentang jangkauan frekuensi tinggi mencapai 40 kHz, dimana Alpine menyebutnya sebagai Hi-Res Audio.

Saat masuk lab AmoPlus, Alpine R-S65C.2 terkemas dalam satu kotak ukuran sedang yang di dalamnya terdapat sepasang sistem speaker 2-way, dimana  merupakan sistem speaker yang memadu dua jenis driver yang dikemas secara terpisah dan di split menggunakan komponen crossover pasif.

Berbagai fitur yang ditawarkan speaker tersebut adalah dukungan struktur magnet neodymium yang lebih baik dengan daya yang lebih efisien. Dengan magnet neodymium yang ringan, pemasangan apa pun akan memakan lebih sedikit ruang yang dibutuhkan di dalam pintu mobil, karena ukurannya dirancang dengan jauh lebih kecil daripada desain konvensional.

Konus woofer yang diperkuat serat karbon Alpine memberikan kekokohan tersendiri tetapi  cukup gesit untuk menangani kompleksitas gerakan konus. Tweeter kubahnya diklaim mampu memberikan semua detail presisi yang menonjolkan karakter instrumen dan vokal secara presisi.

Kumparan Suara (voice coil) speaker seri-R ini terbuat dari bahan Aluminium untuk peningkatan frekuensi audio menengah-tinggi, sehingga diharapkan  semua sumber distorsi besar akan berkurang dan hilang,

Bahan premium lainnya yang digunakan pada speaker R-S65C.2 yang satu ini mencakup bingkai aluminium cor untuk kekuatan, serta dukungan teknologi HAMR (High Amplitude Multi-Roll) yang diklaim Alpine untuk dapat beroperasi dalam rentang yang linier.

Dengan jangkauan frekuensi yang mampu direspons dengan kisaran 65 Hz – 40 kHz, Anda dapat menikmati pengalaman mendengarkan sistem tata suara kelas high end  dengan sajian setiap detail musik yang harmonis serta tata suara panggung yang masif.

Saat pengujian, kami menggunakan  headunit single-DIN yang juga besutan Alpine dipasangkan dengan amplifier empat kanal yang dikonfigurasi menjadi sistem stereo pada mode fullrange dan setiap terminal kami hubungkan langsung ke crossover bawaan R-S65C.2.

Ketika kami coba beberapa musik dari album CD kontes. Kualitas bas yang disajikan ternyata gesit dan terasa cukup ketat, bahkan mampu mereduksi getaran resonansi dengan baik, sehingga kami dapati kontrol bas yang tidak mengecewakan.

Begitu pula pada hasil reproduksi frekuensi tinggi, tweeter yang mengandalkan konsep kubah, mampu menghasilkan tanggapan yang luas, ini membuktikan jika crossover pasif bawaan R-S65C.2 dikonfigurasi dengan titik guling frekuensi tinggi yang telah disetting secara akurat,

Dari hasil pengujian di atas secara keseluruhan, kemampuan loudspeaker sistem dua-jalur R-S65C.2, ternyata mampu menghasilkan reproduksi suara dengan tingkat musikalitas tinggi, walau kami yakin kalau paket speaker ini belum melewati masa break-in.

Spesifikasi :

Speaker type

  • 6-1/2″ (16.5cm)
  •  2-WAY Speaker System

Frequency response

  • 65 Hz – 40 kHz

Power handling

  • 300 Watts peak power
  • 100 Watts RMS power

Design

  • H.A.M.R surround
  • Shallow Mounting Design

Material

  • Silk dome tweeter
  • Neodymium Magnet for woofer and tweeter
  • Multi-Layer Hybrid Fiber Cone

Dimension

  • Woofer mounting diameter : 176 mm
  • Woofer mounting depth : 59 mm

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.