Amoplusmagz
Alpine CDE-164EBT Alpine CDE-164EBT
Alpine CDE-164EBT ini merupakan head unit yang tergolong advance, khususnya dalam hal pemrosesan suara. Di dalamnya terdapat “mini” prosesor, yang terdiri dari pengaturan crossover... Alpine CDE-164EBT

Di saat pabrikan head unit lain mulai beralih ke model multi media double din, Alpine tetap tak meninggalkan penggemar single din.

Amoplus Magazine – Kalau memperhatikan saat kontes audio mobil berlangsung, sering kali para petarung di kelas sound quality menggunakan head unit single din. Bukan tanpa alasan, HU seperti itu kadang memang difokuskan hanya untuk menghasilkan reproduksi suara dengan sangat optimal. Berbeda dengan HU multimedia yang memang dirancang untuk memberikan banyak kemampuan.

Alpine melalui produk single din nya tampak tidak ingin penggemar “pure” sound quality kehilangan andalannya. Demikian juga untuk pemilik kendaraan yang tempat hu nya masih single din tetap bisa menikmati suara khas Alpine dengan kualitas yang tetap prima. Tapi bukan berarti kendaraan baru yang tempat hu nya sudah double din tidak boleh menggunakannya, semua sah-sah saja. Atau malah bisa dengan tidak mengganti hu standar double din yang sudah ada monitornya, tapi menambahkan satu hu single din. Khusus untuk reproduksi suara sound quality !

Key-Power

Alpine CDE-164BT

Dari segi penampilan, tak banyak yang bisa dirubah untuk sebuah head unit. Apalagi untuk head unit branded, perubahan yang sangat drastis bisa membuat penggemarnya bingung. CDE-164BT ini desainnya mirip dengan pendahulunya. Bahkan dengan tipe lawas yang umurnya lebih dari lima tahun yang silam, masih ada kemiripan. Aura ini yang dijaga oleh Alpine agar tetap ada.

Garis-garis yang tegas nan modern tampak menjadi desainnya saat ini. Sekilas tombol yang ada tidak banyak, apalagi ketika hu dalam keadaan tidak aktif. Tombolnya sebenarnya cukup banyak, bahkan ada beberapa tombol yang berfungsi ganda. Pada saat ditekan sebentar fungsinya seperti yang tertulis pada simbol yang besar. Tapi kalau ditekan agak lama, ada fungsi lainnya.

Sesuai dengan fungsinya yang “hanya” fokus di audio,  CDE-164EBT bisa memutarkan cakram lagu dengan aneka format seperti cd audio, MP3, WMA ataupun AAC. Format yang sama juga dapat dibaca melalui media penyimpanan yang berbeda seperti di USB flashdisk, yang penting ada konektor atau adaptor ke terminal USB yang disediakan.Termasuk melalui media iPod ataupun iPhone. Sumber suara lain yang ada yaitu radio FM dan AM, dan Bluetooth audio, yang bisa digunakan juga untuk jalur telepon.

Back-full

Adavance Head Unit

Alpine CDE-164EBT ini merupakan head unit yang tergolong advance, khususnya dalam hal pemrosesan suara. Di dalamnya terdapat “mini” prosesor, yang terdiri dari pengaturan crossover yang bisa digunakan untuk speaker 3 way,  2 way + subwoofer atau full range 4 speaker + subwoofer. Kemudian equaliser parametrik 9 band. Dan yang paling penting untuk membuat staging yang baik, disertakan time correction untuk 6 speaker. Khusus untuk subwoofernya disediakan juga pengaturan fasa, bisa 0° atau di balik 180°. Dan dua sistem, yang pertama suara subwoofer mengikuti volume dan yang satu lagi tetap, tidak terpengaruh level volume.

 

Fitur Display

Ada dua hal yang diberi pencahayaan pada CDE-164EBT, satu adalah tombol-tombolnya dan satu lagi display dot matrix, yang menjadi sumber segala informasi. Keduanya ini bisa di rubah cahyanya sesuai dengan yang dikehendaki. Tidak hanya ada beberapa warna dasar pilihan saja, tapi pengaturannya bisa sangat bebas, tergantung berapa besar nilai yang dipilih dari susunan warna RGB (Red Green Blue) nya.

Front

Sound Test

Alpine CDE-164EBT sudah memiliki power amplifier internal di dalamnya. Besarnya 50Wx4 kanal. Pertama kami hubungkan keluaran untuk speaker depan langsung ke speaker Fabulous Acoustic FA2 yang ada di Lab. AmoPlus. Disk Amanda Mc Broom segera kami masukkan ke tray. Not bad, suara standarnya sudah cukup baik, detail baik, vokal bagus. Hanya terasa kontrol speaker agak kurang. Maklum speaker yang kami gunakan passive nya lumayan membutuhkan tenaga.

Alpine TuneIt App

Power amplifier eksternal yang mempunyai kekuatan 100 Watt per kanal kami gandengakan dengan CDE-164 ini. Sebelum mendengarkan kami gunakan fitur Alpine TuneIt App untuk melakukan setting melalui android. Beberapa kanal dari ekualiser kami turunkan untuk mendapat suara sesuai dengan yang di inginkan. Luar biasa memang, setting jadi jauh lebih mudah. Bahkan jauh lebih mudah dibanding dengan menggunakan tipe legenda 7998. Semua terlihat dalam gambar dan langsung bisa diatur sesuai dengan keinginan.

Mengenai suara, tentu dengan melakukan segala pengaturan ini, hasilnya berbeda jauh dengan sebelumnya. Seluruh frekuensi dapat terdengar. Kontrol terhadap speaker pun terasa dengan baik. Sungguh fitur yang satu ini sangat memudahkan dalam melakukan setting atau-pun melakukan perubahan.

Back

Spesifikasi :

  • High SQ 50 X 4 High Power Amp IC
  • Works with iPod/ iPhone
  • All-New High Performance Radio Tuner
  • TuneIt App for Android / iOS
  • FaceBook Ready
  • Works with Pandora (App required)
  • Built-in Bluetooth
  • CD/MP3/WMA/AAC Playback
  • Front USB Port and Aux Input
  • Independent Variable RGB Illumination
  • Engine Start-Stop Non Shutdown
  • 3 PreOuts (4 Volt)
  • 24Bit DAC
  • Bass Engine SQ: 9-Band Parametric EQ, Digital Crossover 2-Way/ 3-Way, 6 Channel Time Correction, Subwoofer Phase Selection, MediaXpander
  • Remote Control Included

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.