Amoplusmagz
a/d/s/ C630 a/d/s/ C630
Dari sekian banyak produk a/d/s yang dikirimkan ke AmoPlus ada satu yang menarik perhatian. Dalam sebuah dus hardcase berwarna silver produk ini ditempatkan. Di... a/d/s/ C630

Amoplus Magazine – Dari sekian banyak produk a/d/s/ yang dikirimkan ke AmoPlus ada satu yang menarik perhatian. Dalam sebuah dus hardcase berwarna silver produk ini ditempatkan. Di dalamnya terlihat langsung sepasang woofer 6,5” dan sebuah dus hitam. Nah, di dalam dus hitam tersebut ada lagi sepsang midrange dan sepasang tweeter. Dan yang istimewa model midrangenya bukan woofer, tapi soft dome.

Selain dua pasang driver tersebut di baliknya masih ada sepasang passive crossover, plus kabel-kabel, sekrup dan dudukan tweeter. Lengkap semua, tinggal pasang. Terlihat crossover yang dirancang tidak memakai banyak komponen dan tidak menggunakan komponen yang banyak menyedot daya. Meski kami tidak menemukan daya yang direkomendasikan dalam spesifikasi yang disertakan, kami menduga daya yang dibutuhkan untuk menggerakan speaker ini tidak terlalu besar.

Sebelumnya kita tealaah satu per satu driver yang ada. Mulai dari tweeter, modelnya adalah soft dome tweeter dengan diameter 1,5. Model ini terkenal mempunyai suara yang detail namun soft. Dudukannya disedikan dua macam, satu untuk di tanam (di pilar, di doortrim dan sebagainya), satu lagi untuk pemakaian di atas dashboard. Sepasagn doble tape yang sudah dipotong sesuai dengan luasan bawah tweeter juga disediakan, menambah mudah pemasangan.

Yang kedua adalah midrangenya. Disini a/d/s mendesign midrange mode soft dome yang mirip dengan tweeternya. Diameternya hanya 3 inci dengan ketebalan 1 inci. Istimewanya midrange ini tidak seperti woofer midrange, tidak dibutuhkan lagi box yang sesuai agar dia bisa menghasilkan suara yang maksimal. Cukup ditempatkan dengan arah yang sesuai dengan yang dikehendaki.

Kemudian midbassnya. Modelnya woofer dengan bahan paper yang dilaminating di bagian atasnya. Tetap rigid, ringan, namun lebih kuat terhadap perubahan cuaca. Basketnya dari aluminium diecast yang mempunyai design yang menarik. Dengan warna paduan antara hitam dan warna perak aluminium. Di bagian muka sebelah tengah ada kerucut logam yang berfungsi sebagai pendispersi suara. Di sekelilingnya kalau diperhatikan ada jarak sedikit yang digunakan coil untuk membuang panasnya.

Bagian terakhir adalah crossovernya. Yang satu ini terlihat dibuat dengan sederhana. Tampak penggunaan komponen yang “minim” untuk memakan daya. Kemungkinan hal ini memang disengaja agar speaker set 3way ini bisa digerakan dengan power amplifier yang berdaya relatif kecil seperti power dari head unit.

Sound Test

Pertama kami gabungkan langsung speaker ini dengan head unit Pionner. Langsung kami mainkan lagu See You Again yang sedang hit, sesudah pemutaran film FF7. Terdengar suara yang bersih dan detail. Tapi power yang ada, khususnya untuk midbass nya terasa masih kurang.

Kemudian kami gandengakan dengan power amplifier Gramond 4.100. Suara agak meningkat. Tapi belum maksimal. Tampaknya kalau mau lebih maksimal crossover standar harus di pecah. Midbass bisa langsung menggunakan kanal tersendiri. Tapi yang pasti suara yang jernih sudah bisa tersaji. Untuk tenaga jika mau lebih masih bisa diurus belakangan. Aytau kalau mau mudahnya gunakan subwoofer yang rangenya lebar.

AmoPlus Lab.

Pengukuran impedansi dari a/d/s/ C630 terlihat tidak ada kendala. Tidak ada ripple sama sekali. Secara impedansi tampak sudah diatur sedemikian rupa sehingga hasilnya maksimal.

Simulasi burst & decay untuk midbass terlihat frekuensi rendahnya meninggi, tapi memang sebaiknya tidak menggunakannya untuk frekuensi rendah, cukup di atas 50Hz sampai 500Hz saja. Midrangenya terlihat baik untuk frekuensi vokal, kalau mau pakai crossover lagi, bisa dengan titik potong 2k sampai 5kHz, kemudian baru untuk frekuensi tinggi diserahkan ke tweeternya.

SPESIFIKASI : 

Mid woofer
Neodymium magnet
Black color paper cone
Butyl rubber edge
1.5″ kapton voice coil
Copper color electroplated aluminum bullet
Copper color electroplated aluminum magnet cover
Frequency response:55Hz-7kHz
Sensitivity: 88dB/W/M

Mid range
Neodymium magnet
2″cloth dome midrange
Kapton voice coil
Copper color electroplated
aluminum magnet cover
Frequency response:600Hz-3.5KHz
Sensitivity: 88dB/W/M

Tweeter
1″silk dome tweeter
Neodymium magnet
Frequency response:3.5Hz-2OkHz
Sensitivity: 92dBNV/M

Crossover
12dB/oct crossover
Crossover frequency: 800Hz;4.5K1

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.