Amoplusmagz
Ada Harga, Ada Kualitas Ada Harga, Ada Kualitas
Jakarta, amoplusmagz.com - "Namanya juga sudah hobi, orang mau bilang apa yang penting gua suka !!!", begitu katanya. Kata-kata itu mungkin sering kita dengar... Ada Harga, Ada Kualitas

“Dibangun dengan budget fantastis, audio di mobil ini sukses tunjukan kualitasnya.”

Jakarta, amoplusmagz.com “Namanya juga sudah hobi, orang mau bilang apa yang penting gua suka !!!”, begitu katanya. Kata-kata itu mungkin sering kita dengar dari seorang pehobi yang sudah tergila-gila dengan hobinya tersebut. Tak ada yang salah, karena memang tujuan akhirnya adalah kepuasan batin pribadi. Selama tak ada pihak yang dirugikan sah-sah saja kan?

Ricky yang merupakan pemilik dari BMW putih ini sejatinya merupakan seorang pehobi dunia otomotif. Ia gemar memodifikasi mobilnya hingga sedemikian rupa. Tak hanya sebatas memodifikasi tampilan, ia juga gemar merombak bagian audionya. Pada BMW putih ini kebetulan ia hanya fokus pada perombakan sistem audionya saja. Jadi bila kita lihat dari luar mungkin tampilannya akan terlihat biasa-biasa saja, standard seperti mobil-mobil serupa pada umumnya.

Audio pada mobil ini menganut aliran SQ (sound quality). sepenuhnya ia digarap oleh salah satu workshop kenamaan di ibu kota, yakni AJM Audioworks, Jakarta. Kiprah workshop satu ini memang sudah dikenal harum di kalangan pecinta car audio. Selain banyak melahirkan mobil-mobil beraudio fantastis, prestasinya di ranah kompetisi juga cukup mentereng. Hampir pada setiap kompetisi yang diikuti ia tak pernah pulang dengan tangan kosong.

Kembali lagi ke sistem audio di BMW putih ini. Bila melihat sederet perangkat yang terpasang di bagian dalamnya, kami yakin budget yang digelontorkan sang pemilik tidaklah sedikit. Untuk itu agar tak penasaran mari kita coba bedah satu per satu, kira-kira apa saja sih yang terpasang.

Dibagian source pemutar file audio ada Bewith MM1 Kiryu. Seri ini merupakan yang tertinggi di keluarga Bewith. Harganya memang terbilang fantastis, namun hal tersebut sebanding dengan kualitas yang diberikan. Bagi sobat yang mungkin masih bertanya-tanya soal perangkat satu ini, Bewith MM1 merupakan salah satu perangkat audio (pemutar file) yang dari segi bentuk menyerupai kaca spion tengah mobil. Dan bukan hanya menyerupai sebetulnya, pada praktiknya ia juga bisa difungsikan sekaligus sebagai kaca spion. Canggih deh pokoknya sob.

Untuk penghasil suara di kabin depan ada satu set komposisi speaker 3way. Midbass dan midrange dipercayakan pada piranti besutan Micro Precision Z Studio, sedangkan untuk tweeter menggunakan Focal Ultima. Tak hanya midrange dan midbass, nampaknya subwoofer pada mobil ini pun masih berasal dari produk Micro Precision.

Untuk mendayai speaker-speaker yang terpasang pada mobil ini dipasangkan tiga buah amplifier. dua merupakan amplifier 4 Channel Ground Zero Reference 4XS, dan satu lagi amplifier 4 Channel dari Micro Precision Z Studio. Ketiganya saling bersinergi menggerakan speaker yang terpasang. Sebagai pengolah suaranya ada Prosesor Brax yang seperti kita ketahui memiliki fitur sangat lengkap untuk mengolah suara.

Sektor perkabelan adalah sektor yang sering kali diabaikan oleh pemain audio pemula. Tanpa disadari sektor satu ini juga sebetulnya punya pengaruh cukup besar dalam sistem audio. Ibarat kita sedang mengendarai mobil, kabel itu adalah jalan rayanya dan perangkat adalah mobilnya. Jadi seberapa bagus pun mobil yang kita kendarai bila jalannya tidak mumpuni maka rasanya akan berbeda. Atas alasan tersebut pemilik mobil ini tak mau sembarangan dalam hal pemilihan kabel. Pada mobilnya ini baik itu untuk kabel speaker, kabel RCA dan kabel setrum semuanya dipercayakan pada produk Tchernov. Harganya memang tak murah, tapi ia punya kualitas mumpuni untuk menunjang terciptanya sistem audio yang baik.

Overall semua yang terpasang di mobil ini merupakan piranti-piranti papan atas. Sobat Amo yang sudah lama bergelut dengan dunia car audio tentunya sudah tak asing dengan produk-produk tersebut. Sejalan dengan kualitas yang ditawarkan harganya pun terbilang fantastis. Namun kalau untuk seorang pehobi sejati sih soal harga nomor sekian, nomor satunya adalah kepuasan.  Namanya juga sudah hobi, orang mau bilang apa yang penting gua suka !!!

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + fourteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.