Amoplusmagz
A Little Secred from New Venom Fighter A Little Secred from New Venom Fighter
Kontes audio selalu berlangsung, pendatang baru dan juga juara baru selalu bermunculan. Seperti Honda CRV hitam milik Bayu ini A Little Secred from New Venom Fighter

Venom Fighter selalu ada yang baru.

Amoplus Magazine – Kontes audio selalu berlangsung, pendatang baru dan juga juara baru selalu bermunculan. Seperti Honda CRV hitam milik Bayu ini, yang dibuat khusus untuk mengikuti kontes SQL. Untuk yang belum mengenalnya ini adalah mobil tempur SQL garapan Ali Santoro dari Mega Agung, Bogor.

Sebelum CRV ini, mobil tempur dari Mega Agung adalah sebuah Suzuki Sidekick yang meski bersuara bagus, tapi dirasa belum maksimal. Kali ini, setelah mempunyai “jam terbang” yang lebih banyak, Mega Agung merancang mobil yang diperuntukkan khusus untuk mengikuti kejuaraan. Sistemnya lebih sempurna, perangkat yang digunakan juga semakin banyak dan beragam. Berikut adalah sistem yang terpasang di CRV ini :

Head Unit
Untuk menghasilkan suara dipilih head unit Pioneer AVH-X4750DVD. Head unit ini bukan kelas paling tinggi dari Pioneer, tapi sudah menggunakan layar dengan ukuran double din terbesar, yaitu 7”. D/A converternya 24 bit, sudah mencukupi untuk mengconvert sinyal digital ke analog dengan baik. Fitur lainnya juga tak kalah banyak, tapi khusus untuk pemrosesan suara lebih lanjut, dilimpahkan ke prosesor eksternal.

Prosesor
Meski mobil ini lebih dikhususkan untuk bertarung di kelas Sound Quality Loud, tapi di kabin depan ditata juga sistem speaker 3way. Jadi kurang lebih di depan SQ dan di belakang SQL. Untuk keperluan tersebut ada dua prosesor yang digunakan. Keduanya bermerek sama yaitu Venom dengan tipe Pandora VPR1 Mk II non Wifi. Satu bertugas untuk mengatur speaker depan dan satu lagi untuk speaker belakang. Namun khusus untuk subwoofer, tidak diatur melalu prosesor ini

Preamp
Untuk menghasilkan tekanan suara yang maksimal pada subwoofer, khususnya dalam pengukuran pada kontes SQL digunakan pre-amplifier. Gunanya selain mengatur frekuensi yang akan diumpankan ke power amplifier, level nya juga bisa diatur dengan mudah. Sehingga hasil akhirnya pengukuran SPL yang tinggi.

Power Amplifier
Banyak installer memilih untuk menggunakan amplifier yang seragam, minimal untuk driver midbass ke atas. Tapi Mega Agung memilih menggunakan amplifier yang berbeda-beda tipenya, sesuai dengan kebutuhan masing-masing driver. Tujuannya agar diperoleh efisiensi baik dari segi daya yang dikeluarkan dan juga biaya.

Speaker
Untuk kabin depan, sistem speaker yang digunakan “cukup” 3way. Dua pasang driver di atas dashboard dan sepasang midbass masing-masing di setiap pintu di tempat asalnya. Yang berbeda ada di bagian belakang. Terlihat ada dua set speaker 2 way. Tapi bukan demikian pengaturannya. Contohnya saja dua jenis tweeter yang digunakan, satu jenis tweeter silk dome dan satu horn tweeter, keduanya digunakan untuk saling melengkapi. Jadi ada yang bertugas menyemburkan suara ekstra kencang dan jauh. Satu lagi untuk yang agak dekat dan lembut. Begitu pula driver mid nya, sengaja dipilih yang berbeda karakter agar suara yang dihasilkan lebih bervariasi

Dengan sistem SQL yang lebih “advance” ini team dari Mega Agung terbukti sudah berhasil menjuarai beberapa kontes. Bahkan tak jarang memperoleh beberapa penghargaan sekaligus, seperti pada acara 14th Venom Anniversary, Champion SQL diperolehnya, SPL paling tinggi juga didapat, belum lagi Best Branding, sebagai mobil dengan atribut Venom yang paling lengkap dan menarik.

Konon untuk kabin depan depannya masih direncanakan untuk dirombak lagi guna mendapatkan hasil sound quality yang lebih baik lagi pada kabin depan. Dan jika memungkinkan dan diperbolehkan, CRV ini akan di terjunkan sekaligus di dua kelas yang berbeda, SQ dan SQL sekaligus. Luar biasa !

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.