Amoplusmagz
2way 15 juta Serasa 3 Way 30 juta 2way 15 juta Serasa 3 Way 30 juta
Anoplus Magazine - Semua orang audio tahu, yang namanya sistem speaker 3 way, pasti lebih bagus dari 2 way. Dan memang benar begitu kenyataanya.... 2way 15 juta Serasa 3 Way 30 juta

Sistem sederhana namun mampu menghasilkan suara yang berkualitas.

Anoplus Magazine – Semua orang audio tahu, yang namanya sistem speaker 3 way, pasti lebih bagus dari 2 way. Dan memang benar begitu kenyataanya. Speaker 3 way mempunyai tanggapan frekuensi yang lebih “lengkap”. Untuk pemasangan di mobil dua, driver yang biasanya di pasang di atas dashboard tentu akan membuat suara bisa dengan mudah ada di atas dashbord.

jazz-otovariasi-2

Sebaliknya speaker 2 way bukannya tidak bagus, dengan pemasangan yang baik dan benar. Ditambah dengan setting yang maksimal, akan membuat suara yang dihasilkan tak kalah dengan sistem 3 way.

White Jazz from Oto Variasi
Mobil Honda Jazz putih ini awalnya di desain hanya untuk harian. Sistem yang dipasang pun sederhana. Hanya terdiri dari head unit, satu power, sepasang speaker split dan satu subwoofer. Namun khusus untuk akustiknya digunakan peredam yang tergolong branded. Tujuannya agar diperoleh hasil yang baik, bukan hanya sekedar melakukan peredaman biasa saja. Untuk itu digunakan peredam dengan merek StP, yang memiliki varian lengkap yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi meski dipasang secara “full”, tapi berat kendaraan tidak bertambah drastis, sebab semua yang digunakan sesuai dengan peruntukannya.

Head Unit
Untuk sistem sound quality, untuk mendapatkan tatanan suara yang baik, mutlak dibutuhkan prosesor. Untuk sebuah sistem “sederhana” mini prosesor dari head unit masih memungkinkan. Pada mobil ini digunakan head unit Pioneer AVH-X8850BT, di mana di dalamnya sudah ada time alignment, dan ekualiser 13 Band. Cukup untuk sebuah sistem yang diinginkan.

Power Amplifier
Karena mulanya hanya untuk harian, maka satu power amplifier dirasa cukup. Power bermerek Stealth dengan tenaga “hanya” sebesar 4 x 60 Watt digunakan. Dua kanal untuk membunyikan sepsanga speaker split dua kanal lagi dibridge untuk membunyikan subwoofer.

jazz-otovariasi-4

Speaker Split
Dengan tenaga power amplifier yang terbatas, wajib menggunakan speaker yang berefisiensi tinggi yang juga memiliki crossover yang tidak banyak memakan daya listrik. Speaker sistem dari Stealth yang lengkap dengan crossover passive nya digunakan. Penempatannya dibuatkan dudukan lagi baik untuk midwoofer dan tweeternya. Tujuannya agar diperoleh dispersi suara yang paling maksimal dengan distorsi yang paling minimal.

Single Subwoofer
Satu subwoofer 12” bermerek Stealth digunakan. Subwoofer ini juga mempunyai efisiensi yang tinggi, jadi cukup dengan power yang menghasilkan daya rat-rata sekitar 100 Watt RMS sudah bisa membuatnya menghasilkan suara hentakan frekuensi rendah yang mencukupi.

jazz-otovariasi

Paduan dari sistem tersebut ditambah dengan setting yang baik , membuat mobil ini berhasil memperoleh dua piala juara pertama di kelas harga 15 juta rupiah. Padahal barang yang digunakan hanya berkisar 10 juta rupiah saja. Dan bahkan di kelas yang lebih tinggi, masih bisa unjuk gigi. Juara ke dua di kelas 25 juta dan juara ke tiga di kelas 3 way 30 juta. Luar biasa.

jazz-otovariasi-7

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.