Top Palace TP-4.1 Top Palace TP-4.1
Dari segi fitur pengolahan suara beberapa mungkin hampir sama seperti yang ditawarkan oleh prosesor lain. Namun ada sejumlah kelebihan lain yang ditawarkan oleh perangkat... Top Palace TP-4.1

Paket lengkap dalam kemasan yang minimalis

Amoplus Magazine – Sebagian sobat Amoplus mungkin masih asing dengan sosok brand yang satu ini. Ya, nama Top Palace sendiri memang baru muncul belakangan ini di pasar tanah air. Sementara ini sebagian besar produknya lebih ditujukan ke pangsa pasar OEM. Selain prosesor Top Palace juga memiliki varian produk lainnya seperti speaker split dan subwoofer.

Yang kami tampilkan saat ini adalah prosesor TP-4.1. Secara ukuran ia memiliki dimensi yang terbilang sangat kecil. Meski begitu ia telah dibekali dengan beragam fitur mumpuni untuk pengolahan suara. Dan tak hanya itu, perangkat ini juga bisa diandalkan untuk mendrive speaker secara langsung.

TP-4.1 memiliki 4 kanal yang masing-masing berkekuatan 90W (4Ω) dan single channel output dengan kekuatan 250W. Artinya dengan hanya mengandalkan satu perangkat yang kecil ini saja penggunanya sudah bisa menghidupkan satu set speaker split (2way atau 3way menggunakan passive crossover) plus satu subwoofer tanpa perlu khawatir akan kekurangan daya.

Dari segi fitur pengolahan suara beberapa mungkin hampir sama seperti yang ditawarkan oleh prosesor lain. Namun ada sejumlah kelebihan lain yang ditawarkan oleh perangkat ini, beberapa kelebihan tersebut antara lain adalah; EQ 31 band independent di keempat kanal yang ia miliki, Q tersedia dari 1-9.9, dan frequency bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja yang perlu di-EQ adalah frequency 27Hz, user hanya cukup mengetikan angkanya saja maka titik frequency-nya akan berubah.

Satu lagi kemudahan yang ditawarkan oleh TP-4.1 adalah dalam hal proses setting–nya. Proses setting perangkat ini bisa dilakukan melalui aplikasi di smartphone. Koneksi yang digunakan melalui sambungan Bluetooth. Bluetooth disini tak hanya berfungsi untuk melakukan setting suara saja, tapi juga bisa digunakan untuk audio streaming. Dalam arti lain meski tanpa head unit file audio tetap bisa diputar melalui koneksi Bluetooth dari smartphone ke TP-4.1.

Beberapa waktu lalu kami mendapat kesempatan untuk mendengarkan secara langsung kinerja perangkat ini di mobil demo Top Palace. Di mobil demo saat itu beberapa perangkat yang digunakan adalah satu set speaker 2way Top Palace, dan head unitnya masih menggunakan HU OEM Mercedes Benz.

Harus diakui bahwa kinerjanya memang diluar ekspektasi kami. Dengan perangkat yang sekecil, dan saat itu kondisi placement speaker pada mobil pun tak terlalu banyak ubahan, suara yang dihasilkan terdengar jernih, tak ada kesan kekurangan daya sama sekali. Gebukan bass drum terdengar bertenaga, dan detail suara di frekuensi atas tetap terdengar baik.

Oh ya, untuk informasi tambahan, Top Palace telah menyediakan kabel plug & play untuk perangkat ini. Namun sementara kabel tersebut baru tersedia untuk mobil-mobil Toyota, Honda dan Mitsibishi. Kedepannya kemungkinan varian akan diperbanyak lagi. Dengan tersedianya kabel plug & play tentunya akan semakin mempermudah pengguna dalam hal melakukan installasinya.

Spesifikasi :

  • Output power : 90W x 4 @4Ω
  • Single channel output : Class D 250W
  • Response : 20Hz – 22kHz
  • Distortion : 1KHz < 0.001% 0C
  • Maximum working current : 25A
  • Sampling freq : 192KHz
  • Signal to noise ratio : > 103dB
  • Size : 3.2 x 11.5 x 18.5 CM (HxWxL)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.