Amoplusmagz
SQL Yang Efisien SQL Yang Efisien
Secara keseluruhan perangkat yang terpasang di Xenia garapan Farel audio ini sejatinya memang perangkat-perangkat SQL. Jadi meskipun jumlahnya tak terlampau banyak tapi keberadaannya sangat... SQL Yang Efisien

Salah satu cara untuk mengefisienkan sistem SQL adalah menggunakan perangkat yang sesuai dengan peruntukannya

Amoplus Magazine – Selain SQ dalam dunia car audio kita juga mengenal yang namanya genre SQL (Sound Quality Loud). Sama halnya sperti SQ, dalam SQL para pemainnya juga dituntut untuk mampu menciptakan suatu sistem audio dengan kualitas yang baik.  Bedanya jika SQ sistemnya untuk diperdengarkan di bagian dalam mobil, sedangkan SQL lebih ditujukan untuk show off atau untuk diperdengarkan dari luar mobil.

Karena berbeda peruntukan biasanya perangkat-perangkat SQL didesain sedikit berbeda dari perangkat SQ. Secara konstruksi biasanya mereka didesain lebih kokoh, karena biar bagaimanapun sosoknya dibuat agar mampu bersuara lebih lantang.

Secara keseluruhan perangkat yang terpasang di Xenia garapan Farel audio ini sejatinya memang perangkat-perangkat SQL. Jadi meskipun jumlahnya tak terlampau banyak tapi keberadaannya sangat efisien. Seperti yang dapat kita lihat, untuk penghasil tonal di bagian belakang hanya terpasang satu set speaker 2way dan satu set speaker 3way. Masing-masing speaker tersebut dipasangkan di area bagasi dan di pintu tengah. Sementara itu untuk penghasil suara bass-nya dibebankan pada dua buah subwoofer berukuran 12” yang juga tertanam di bagian belakang.

Selain speaker split di bagian belakang, satu set speaker 3way juga turut dipasangkan di kabin bagian depan. Speaker di bagian ini sebetulnya hanya dikhususkan untuk penggunaan dalam mobil saja. Artinya ketika mobil sedang dikemudikan secara otomatis speaker di bagian inilah yang menjadi andalannya. Speaker-speaker yang terpasang di belakang sejatinya memang benar-benar dikhususkan untuk SQL saja, untuk show off, dan untuk diperdengarkan dari luar mobil.

Beberapa kali mobil ini sempat diikut sertakan dalam ajang kompetisi audio mobil. Terakhir kali kami melihatnya di ajang Car Audio Movement CAN x USACI x SQC Club yang diselenggarakan di kota Bandung. Saat itu ia sukses memberi perlawanan sengit terhadap lawan-lawannya. Raihan point yang diperolehnya pun terbilang cukup ketat dengan para peserta lainnya. Hal tersebut mengindikasikan bahwasanya sistem yang terpasang memang tak bisa dianggap biasa.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 9 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.