Amoplusmagz
Senada Dalam Tema dan Suara Senada Dalam Tema dan Suara
Audio pada HRV ini merupakan salah satu buah karya dari workshop Next Audioworks yang bermarkas di kota Surabaya, Jawa timur. Kami bertemu dengan sosoknya... Senada Dalam Tema dan Suara

Selaras dalam tema, seirama dalam suaranya

Amoplus Magazine – Audio pada HRV ini merupakan salah satu buah karya dari workshop Next Audioworks yang bermarkas di kota Surabaya, Jawa timur. Kami bertemu dengan sosoknya di sebuah kompetisi car audio (USACI) yang kala itu digelar di kota Surabaya. Ia menjadi salah satu peserta dalam kompetisi tersebut, bertarung di salah satu kategori untuk memperebutkan tahta juara.

Audio yang diaplikasikan pada mobil ini berkiblat pada genre SQ (Sound Quality).  Meski sejatinya pada SQ sendiri yang diprioritaskan adalah hasil suara, tapi sang installer tetap memperhatikan soal konsep installasinya. “Biar gimanapun tampilan sistemnya juga harus enak untuk dilihat, jadi bukan Cuma suaranya aja tapi tampilannya juga harus dipercantik supaya selaras”, Ujar Frans selaku installer yang menangani audio di HRV ini.

Di bagian belakang, atau tempat bersarangnya perangkat-perangkat audio, sang installer menerapkan konsep black & white yang elegan. Setiap perangkat diposisikan melingkari slot ban serep, atau leter U. Kemudian untuk tahap akhirnya dibalut dengan lapisan kulit sintetis berwarna hitam dan putih, hanya dua warna saja. Dengan komposisi seperti ini diharapkan area bagasi tak banyak terganggu. Space yang tak termakan oleh perangkat audio masih tetap bisa digunakan untuk menampung barang-barang bawaan. Begitu juga dengan ban serep, tempatnya sama sekali tak terganggu.

Perangkat-perangkat audio yang terpasang di bagian belakang HRV ini antara lain ada dua amplifier (Vox Fonalivo & Harmonic Drive), satu prosesor Venom Pandora untuk pengolah suara, dan terakhir adalah subwoofer Infinity yang ditempatkan dalam box sealed.

Untuk penghasil suara di kabin depan dipercayakan pada komposisi speaker 3way dari Audible Physics. Placementnya dilakukan seperti biasanya speaker 3way. Midbass ditaruh di trim pintu depan, sementara midrange dan tweeter diposisikan di pilar A. Untuk head unitnya sendiri yang digunakan pada mobil ini adalah perangkat double din dari Pioneer.

Sejatinya sistem yang terpasang di mobil ini awalnya hanya didedikasikan untuk konsumsi harian saja. Namun seiring berjalannya waktu mulai timbul keinginan dari sang pemilik untuk mengikut sertakannya di ajang kompetisi. Kedepannya pun kabarnya ia akan kembali ikut serta di ajang kompetisi. Kita nantikan saja kiprahnya, akankah ia sanggup bersinar di kancah peraudio mobilan tanah air ?

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + eighteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.