Rockford Fosgate P165-SE Rockford Fosgate P165-SE
Satu lagi produk Rockford Fosgate singgah di lab Amoplus. Kali ini yang datang berasal dari lini speaker, yakni seri P165-SE. Satu set seri ini... Rockford Fosgate P165-SE

Didesain untuk akurasi suara yang baik

Amoplus Magazine – Satu lagi produk Rockford Fosgate singgah di lab Amoplus. Kali ini yang datang berasal dari lini speaker, yakni seri P165-SE. Satu set seri ini merupakan komposisi speaker split 2way (midwoofer & tweeter) lengkap dengan passive crossover-nya. Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung saja kita bedah.

Dari segi tampilan nuansa khas produk Amerika begitu jelas terlihat pada seri ini. Bentuk kokoh disertai dengan desain yang kompak seakan menjadi salah satu pembeda dengan produk lainnya. Midwoofer pada seri P165-SE ini dibuat dengan ukuran 6.5″. bagian konusnya terbuat dari polypropylene. Salah satu keunggulan dari bahan satu ini adalah daya tahannya yang lebih baik terhadap perubahan suhu dalam kabin.

Selanjutnya adalah tweeter. Tweeter pada seri ini dibuat dengan ukuran 1″. Mengenai jenisnya sendiri yang tergabung dalam seri ini merupakan jenis dome tweeter. Seperangkat passive crossover turut dipersiapkan oleh Rockford.

Pada uji coba kali ini sejumlah alat bantu referensi kami persiapkan. Perangkat-perangkat tersebut antara lain adalah satu head unit double din, seperangkat box untuk tempat bersarangnya speaker, dan satu amplifier 4 kanal untuk menggerakan P165-SE.

Satu per satu perangkat kami hubungkan. Untuk konfigurasi speaker pemasangannya kami lakukan dengan melalui passive crossover. Setelah semua perangkat terhubung, barulah beberapa lagu kami putar melalui head unit. Mengenai lagu, yang kami putarkan pada uji coba kali ini merupakan lagu yang biasa digunakan pada kompetisi audio di tanah air. Pada dasarnya sih supaya kami lebih familiar saja dengan musiknya, hhehehe. Dengan begitu telinga kami juga akan lebih mudah mengenali sesuatu hal yang “berbeda” dari sistem.

Saat lagu diputar, terutama pada lagu yang banyak bermain di frekuensi mid low, reproduksi midbass terdengar sangat baik. Akurasi suaranya terjaga dengan baik sehingga suara musik yang diputar terdengar nyaman di telinga. Di frekuensi mid high mungkin kelebihannya tak terdengar begitu mencolok. Namun yang pasti detail suaranya tetap mampu direproduksi dengan baik.

Overall dengan harga yang ditawarkan kami rasa sangat worth it untuk mendapatkan speaker seri ini. Tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam tapi kualitas suara dalam mobil bisa meningkat berkali lipat. Kalau ada yang masih penasaran boleh langsung coba mencicipi performanya.

Spesifikasi :

  1. Midrange Size (Nominal Diameter)               : 6.5″
  2. Midrange Mounting Depth                             : 2.24″ (57 mm)
  3. Tweeter Size (Nominal Diameter)                  : 1.0″ (25.4 mm)
  4. Power Handling (RMS)                                   :60 Watts RMS dan 120 Watts Max
  5. Crossover                                                        : External tweeter crossover dan 12dB/octave
  6. Grille/Trim Ring Included                               : Yes
  7. Mounting Hardware                                       : Yes
  8. Speaker Type                                                  : Component System
  9. Tweeter Mounting Depth                               : 0.50″ (13 mm)
  10. Nominal Impedance (Ohms)                          : 4-Ohm
  11. Frequency Response (Hz)                                : 43Hz – 20kHz
  12. Sensitivity (dB @ 1W/1M)                              : 88

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.