Peredam untuk mobil, pentingkah ? Peredam untuk mobil, pentingkah ?
Pada dasarnya pemasangan peredam itu tak hanya sekedar untuk menunjang sistem audio saja agar dapat bekerja dengan baik. Selain itu peredam masih punya banyak... Peredam untuk mobil, pentingkah ?

Amoplus Magazine – Sebagian orang mungkin akan beranggapan bahwa pemasangan peredam pada mobil hanya merupakan hal yang sia-sia untuk dilakukan. Artinya hal tersebut tak akan memberi dampak terlalu besar terhadap situasi dalam mobil. Karenanya hingga kini tak banyak pemilik mobil yang merasa perlu mobilnya dibubuhi peredam, terkecuali para pecinta audio.

Pada dasarnya pemasangan peredam itu tak hanya sekedar untuk menunjang sistem audio saja agar dapat bekerja dengan baik. Selain itu peredam masih punya banyak manfaat lain yang mungkin hingga kini belum banyak disadari oleh para pemilik kendaraan. Yang perlu diketahui adalah semakin meningkat kualitas peredaman maka sama dengan meningkatkan kenyamanan dalam mobil.

Material peredam secara garis besar terbagi menjadi 3 jenis, yaitu vibration, noise insulation dan noise absorber. Pemahaman simpelnya yaitu peredam getar untuk mengurangi getaran pada plat body mobil, Peredam noise insulation untuk menolak noise yang datang dari luar agar tidak masuk ke kabin mobil, dan Peredam absorber untuk menyerap gema di dalam kabin mobil.

Meski terlihat simpel nyatanya pemasangan peredam tak bisa dilakukan secara sembarangan. Pengaplikasian material harus sesuai pada tempat dan fungsinya. Disinilah diperlukan tenaga ahli yang telah berpengalaman dalam hal pemasangan peredam mobil. Nah kalau soal ini sih biasanya sebagian besar workshop audio bisa melakukannya.

Ketika melakukan pemasangan peredam pertanyaan yang biasanya muncul adalah; “kalau pengaplikasian peredam dilakukan secara menyeluruh, maksimal bobot kendaraan akan bertambah sampai brp kg?”. Sebetulnya saya pribadi pun termasuk orang yang tidak suka jika bobot mobil bertambah terlalu banyak setelah pemasangan peredam. Tapi untuk beberapa area mobil kita memang mau tak mau harus menggunakan material yang cukup berat untuk bisa mendapatkan hasil optimal. Biasanya setelah pemasangan peredam secara menyeluruh biasanya bobot mobil akan bertambah antara 25-50 kg.

Peredam butyl rubber atau foam dapat disimpan untuk jangka waktu bertahun-tahun tanpa harus khawatir rusak. Bahan peredam yang tidak bisa disimpan lama adalah yang mengandung solvent glue karena bisa mengering setelah beberapa waktu, selain itu solvent dapat menguap.

Dari penjelasan diatas kesimpulan yang dapat kami ambil adalah; Kondisi mobil yang bagus peredamannya akan lebih baik hasilnya jika dipasang audio. Meski begitu peredaman tak hanya diperlukan untuk mereka yang bermain audio saja, karena sejatinya semakin meningkat kualitas peredaman maka sama dengan meningkatkan kenyamanan mobil juga.

Jadi gimana sob, masih berpikir kalau peredam itu cuma buat pemain audio saja ?

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • Email