New & Unique New & Unique
Sistem audio di Honda Odysey ini dibangun oleh workshop Lims Auto Garage, Bandung. Alirannya adalah sound quality. Sekilas sistem yang terpasang mungkin terlihat tak... New & Unique

Gaya baru dalam “bermain” audio mobil

Amoplus Magazine – Sistem audio di Honda Odysey ini dibangun oleh workshop Lims Auto Garage, Bandung. Alirannya adalah sound quality. Sekilas sistem yang terpasang mungkin terlihat tak jauh berbeda dari sistem-sistem SQ pada umumnya. Namun bila ditelisik lebih jauh ada satu hal unik yang hanya baru kami temukan pada mobil ini. Apa itu, berikut kami sajikan ulasannya.

Salah satu hal unik pada sistem audio di mobil ini terdapat pada pengaplikasian source audionya. Biasanya sebagian besar mobil menggunakan head unit single din atau double din sebagai perangkat pemutar file audionya. Berbeda dengan mobil ini, ia justru menggunakan telepon genggam. Teknisnya si telepon genggam tersebut langsung dihubungkan ke prosesor Helix melalui kabel USB khusus. Jadi pemutaran file suara langsung dilakukan di ponsel tersebut tanpa melalui head unit lagi.

Untuk speaker depan menggunakan komposisi split 3way dari Ground Zero. Posisi tweeter dihadapkan on axis, sementara itu midrange off axis (dihadapkan agak sedikit ke atas). Midwoofer masih ditaruh pada tempat standardnya, yakni pada trim pintu depan, hanya ada sedikit modifikasi saja pada bagian konsol box-nya. Satu subwoofer ditambahkan di bagian belakang. Subwoofer tersebut ditempatkan dalam box sealed.

Untuk mendrive speaker-speaker yang terpasang, pada mobil ini telah ditanamkan dua amplifier Zapco Z-150.4 LE. Kedua amplifier tersebut ditaruh di bagian kabin tengah, atau berada diantara kursi bagian depan. 4 kanal dari amplifier pertama digunakan untuk menghidupkan tweeter dan midrange secara bi amp. 2 kanal dari amplifier kedua digunakan untuk menghidupkan midbas, dan 2 kanal tersisa di-bridged untuk suplai ke subwoofer.

Saat diberi kesempatan untuk mendengarkan kami coba memutar beberapa file audio di mobil ini. Lagu kami pilih melalui ponsel yang terletak di kiri kursi kemudi. Awalnya kami tak begitu yakin jika suara yang dihasilkan akan sanggup direproduksi dengan baik, secara source yang digunakan hanya sebatas telepon genggam. Tapi sang installer terus berusaha meyakinkan kami untuk coba mendengarkan sistem audio garapannya tersebut. Dan setelah beberapa lagu kami coba putar terus terang kami merasa cukup terkejut mendengar hasil suaranya. Ternyata jauh dari yang kami duga di awal, sistem audio di mobil ini nyatanya sanggup menghasilkan suara yang sangat baik. Bahkan bila diikut sertakan dalam kompetisi pun kami yakin sistemnya akan sangat kompetitif. Beberapa kali ia memang sempat diikut sertakan dalam suatu kontes car audio. Dari keikut sertaannya tersebut sejumlah trophy telah berhasil dibawanya pulang.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.