Momentum GTS-12D PRO Momentum GTS-12D PRO
Sejak kemunculannya di pasar tanah air, Momentum dikenal sebagai salah satu brand audio penyedia produk-produk SPL dan SQL. Jika kita berangkat ke kontes car... Momentum GTS-12D PRO

Versi lebih “ringan” diantara para “raksasa” yang dirilis oleh Momentum

Amoplus Magazine – Sejak kemunculannya di pasar tanah air, Momentum dikenal sebagai salah satu brand audio penyedia produk-produk SPL dan SQL. Jika kita berangkat ke kontes car audio, pada kelas-kelas SQL dan SPL pastinya kita akan banyak bertemu dengan mobil-mobil yang menggunakan produk Momentum.

Seiring dengan maraknya kompetisi di tanah air, Momentum terus melakukan inovasi. Sederet perangkat baru diluncurkannya untuk memenuhi permintaan pasar. Beberapa hari lalu salah satu produk terbaru dari Momentum masuk ke lab AmoPlus. Produk tersebut adalah subwoofer seri GTS-12D PRO.

Sekilas GTS-12D PRO ini terlihat lebih ramping diantara beberapa produk Momentum yang sebelumnya pernah masuk ke lab AmoPlus. Ukurannya sama-sama 12”, namun pada beberapa part lain sepertinya Momentum telah melakukan “perampingan” agar subwoofernya ini bisa masuk di lebih banyak genre audio.

Subwoofer ini menggunakan single magnet dengan single voice coil. Artinya bila dibandingkan dengan beberapa subwoofer pendahulunya, tak perlu amplifier yang terlalu besar untuk bisa menggerakan subwoofer ini. Meski begitu ia tetap sanggup untuk melontarkan suara bass yang kencang. Bukan Momentum  namanya kalau tak bisa mereproduksi suara bass yang kencang.

Bila kita lihat di bagian bawah subwoofer ini terdapat beberapa lubang untuk flow udara saat perangkat ini bekerja. Lubang-lubang tersebut dapat kita temukan juga di samping pada bagian basket. Bila disediakan ventilasi sebanyak itu artinya subwoofer ini memang sanggup untuk dipekerjakan dengan keras.

Di lab AmoPlus kami coba menguji sejauh mana keampuhan subwoofer ini. Satu amplifier monoblok kami hubungkan untuk mendrive GTS-12D PRO. Sebagai source kami menggunakan satu head unit single din referensi yang biasa kami gunakan untuk pengujian. Subwoofer kami tempatkan dalam box sealed. Di sisi lainnya kami juga menyiapkan satu set speaker split beserta amplifier 4 kanal untuk mendrive-nya.

Tahap pertama pengujian kami menggunakan test tone. Selama beberapa saat kami coba “geber” subwoofer ini untuk mengetahui sampai sejauh mana ia sanggup bekerja. Untuk ukuran subwoofer bertubuh ramping GTS-12D PRO bisa dikatakan memiliki tenaga yang cukup besar. Kemudian pengujian kami lanjutkan dengan memutarkan file music. Dari beberapa genre yang diputar nyatanya ia punya control lebih baik. Gerakannya gesit, tak ada kesan suara bass terdengar seperti “kedodoran”.

Dibalik bentuknya yang ramping nyatanya ia banyak menyimpan kelebihan. Dan dengan seperti ini tentunya juga akan lebih banyak genre yang bisa ia mainkan, tak melulu berkutat di ranah SPL.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AMOPLUS Edisi 49
Bulan Juli

Pembelian Online Click :