Legacy Sparta LG-12386-2 Legacy Sparta LG-12386-2
Subwoofer ini berukuran 12”. Legacy Sparta LG-12386-2 telah dibekali dengan dual voice coil. Dan ia bisa dipekerjakan dengan impedansi 2, 4, hingga 8 Ohm.... Legacy Sparta LG-12386-2

Subwoofer dengan efisiensi tinggi

Amoplus Magazine – Legacy Sparta LG-12386-2 merupakan salah satu produk subwoofer yang diproduksi oleh Sinar Baja Electric, Indonesia. Sosoknya terbilang sudah cukup familiar di industry peraudio mobilan tanah air. Pasalnya seri ini sudah diproduksi sejak beberapa tahun silam. Hingga kini secara sekilas penampakannya tak terlalu banyak berubah. Overall desain konstruksinya masih terlihat sama seperti yang kami lihat beberapa tahun silam.

Subwoofer ini berukuran 12”. Legacy Sparta LG-12386-2 telah dibekali dengan dual voice coil. Dan ia bisa dipekerjakan dengan impedansi 2, 4, hingga 8 Ohm. Di bagian bawah terdapat ventilasi yang cukup besar. Hal tersebut mengindikasikan bahwasanya subwoofer ini sanggup dipekerjakan dengan keras.

Sesampainya di lab Amoplus lantas kami mengintip spesifikasi yang tertulis pada kemasan dusnya. Setelah itu kami mulai menyiapkan sebuah box untuk menempatkan subwoofer ini. Jenis box yang kami pilih adalah sealed. Selanjutnya kami menyarangkan Legacy Sparta LG-12386-2 pada box yang telah kami persiapkan.

Pada test kali ini kami menggunakan satu amplifier monoblok referensi untuk mendrive subwoofer ini. Dan untuk source-nya kami menggunakan sebuah head unit single din. Setelah semuanya terhubung maka pengujian pun mulai kami lakukan.

Subwoofer ini sejatinya memiliki efisiensi cukup tinggi. Tak perlu amplifier dengan tenaga yang terlalu besar untuk membuatnya bekerja. Meski begitu suara bass yang dihasilkan tak terkesan “loyo”. Ayunannya tetap nyaman terdengar dengan prpoporsi yang pas.

Sosoknya akan lebih cocok bila dimainkan di genre SQ. Beberapa track lagu coba kami putarkan, terutama yang banyak bermain di area frekuensi bawah. Reproduksi suara bass yang dihasilkan oleh subwoofer ini terdengar baik, terasa “lentur” di telinga. Bagi sobat yang saat ini sedang mencari subwoofer untuk mobilnya, piranti ini bisa dijadikan salah satu pilihan. Selain punya efisiensi tinggi, dari segi harganya pun masih terbilang bersahabat. Jadi apa lagi yang perlu dirisaukan?

Spesifikasi :

Diameter speaker (inch/mm)             : 12 inch / 305 mm

Daya maksimum (Watt)         : 200 Watt*

Lebar daerah frekuensi (Hz)   : 43 Hz – 2.4 KHz

SPL (2.83 V / 1 m) (dB)           : 92 dB

Medan magnet (T)                  : 0.9 T

Berat magnet (Kg/Oz)            : 1.04 kg / 36.4 Oz

Voice coil diameter (mm)      :  38.56 mm

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.