Legacy LG 6521 Legacy LG 6521
Belum lama ini salah satu pabrikan speaker kenamaan di tanah air merilis satu produk speaker coaxial terbarunya. Speaker tersebut adalah Legacy LG 6521. Legacy LG 6521

Solusi upgrade speaker paling simple

Amoplus Magazine – Ditengah trend modifikasi audio simple yang sedang merebak saat ini, beberapa produsen produk saling berlomba menghadirkan piranti pendukungnya. Ya, kini trend-nya mulai beralih. Jika dulu orang-orang saling berlomba untuk mempertontonkan hasil modifikasi audionya, kini justru sebaliknya. Mereka cenderung lebih senang tampil sederhana, tak terlalu banyak rombakan namun perubahan di sector suaranya tetap terasa. Karena hal itu bila kita lihat mobil-mobil SQ saat ini tampilannya mungkin akan nampak biasa-biasa saja, namun cobalah dengar hasil suaranya, disitu baru kita akan dibuat tersadar bahwa rombakan audio yang dilakukan memang benar-benar mumpuni.

Replacement speaker OEM mobil dengan coaxial bisa menjadi salah satu solusi untuk melakukan rombakan audio yang sederhana. Kita tahu tipikal coaxial ini merupakan driver yang efisien. Dalam satu driver kita dapat mereproduksi suara dari frekuensi bawah (midwoofer) hingga atas (tweeter).

Belum lama ini salah satu pabrikan speaker kenamaan di tanah air merilis satu produk speaker coaxial terbarunya. Speaker tersebut adalah Legacy LG 6521. Sosoknya kebetulan sudah mendarat di lab Amoplus. Dalam hal ini kami diberi kesempatan untuk “membedahnya”.

Speaker ini memiliki ukuran sebesar 6.5”. Ukuran tersebut sama dengan ukuran speaker standard pada beberapa jenis mobil. Jadi sosoknya bisa digunakan untuk me-replace keberadaan speaker OEM. Keunggulan speaker satu ini adalah ia punya efisiensi tinggi. Dengan power handling 40 Watt ia sudah bisa bekerja dengan baik.

Pada spesifikasi yang tertulis, disana dicantumkan bahwa driver ini sanggup mereproduksi suara dari rentang frekuensi 77 Hz – 6.7 kHz. Sangat lebar, dan ini menarik untuk ditelisik lebih lanjut. Ini artinya tweeter yang tertanam di bagian tengah driver telah mendapatkan pembaharuan sehingga mampu menjangkau frekuensi yang lebih tinggi.

Tim Amoplus berkesempatan untuk “menjajal” kinerja speaker ini. Tanpa berlama-lama kami langsung mengaplikasikannya pada sistem referensi kami. Untuk kelas entry level kinerjanya cukup baik. Paling terasa adalah reproduksi suara di frekuensi atasnya yang sanggup menjangkau ke area lebih tinggi. Jadi untuk sobat sekalian yang ingin mengupgrade sistem audionya dengan konsep simple, speaker satu ini bisa dijadikan salah satu pirantinya.

Spesifikasi   :

Woofer

Diameter Speaker (inch/mm) : 6.5 inch / 165 mm

Impedansi (Ω) : 4 Ω

Nominal power handling (Watt) : 40 Watt

Program power (Watt) : 80 Watt

Lebar daerah frekuensi (Hz) : 77 Hz – 6.7 kHz

SPL (2.83 V / 1 m) (dB) : 88 dB

Medan magnet (T) : 0.95 T

Berat magnet (Kg/Oz) : 0.217kg / 7.6 Oz

Voice coil diameter (mm) : 25.4 mm

Voice coil material : Kapton

Berat speaker (system) : 0.493 Kg

Parameter “Thiele-Small”

Frekuensi Resonansi / Fs (Hz) : 77 Hz

DCR (Ω) : 3.4 Ω

Qts : 1.18

Qes : 1.47

Qms : 5.95

Mms (g) : 12.5 g

Cms (mm/N) : 0.34 mm/N

BL Product (Tm) : 3.8 Tm

Vas (liters) : 8.6 liters

No (%) : 0.26 %

2 Sd (cm ) : 2 134.8 cm

Xmax (mm) : 3.4 mm

Tweeter

Nominal Impedance : 4 Ω

DC resistance, Re : 3.4 Ω

Voice coil diameter : 13.28 mm

Voice coil height : 1.5 mm

Air gap height : 2 mm

Sensitivity (2.83V/1m) : 91 dB

Magnetic flux density : 0.65 T

Magnet weight : 0.015 kg

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • Email