Karya Ciamik Dari Boyolali Karya Ciamik Dari Boyolali
Di kota ini dunia modifikasi memang tak terlihat segemerlap kota-kota besar lainnya di tanah air, namun bukan berarti tak ada aktivitas sama sekali. Pada... Karya Ciamik Dari Boyolali

Salah satu karya modifikasi audio beraliran SQL besutan pemuda Boyolali

Amoplus Magazine – Selama ini Boyolali dikenal sebagai salah satu kota yang “kalem”, tentrem & adem ayem suasananya. Nuansa pedesaan di daerah ini masih terasa sangat kental terutama saat berbaur dengan penduduk setempat. Di kota ini dunia modifikasi memang tak terlihat segemerlap kota-kota besar lainnya di tanah air, namun bukan berarti tak ada aktivitas sama sekali. Pada kenyataannya kami menemukan salah satu karya mencolok yang berasal dari kota ini. Karya tersebut tertuang pada Yaris berwarna orange ini besutan KM Audio ini.

Sebelum bercerita tentang Yaris ini terlebih dahulu kami akan membahas mengenai workshop yang membangunnya, yaitu KM Audio. Workshop ini merupakan kerjasama antara personal dengan BUMDES. Pengelolaannyaa sendiri dipercayakan pada seseorang yang tentunya sudah piawai menggeluti bidang audio mobil.

Singkat cerita Yaris ini merupakan salah satu buah karya dari KM Audio, Boyolali. Sistemnya menganut aliran SQL. Yaris ini termasuk ke dalam golongan mobil hatchback yang notabene tak terlalu banyak memiliki space kosong di bagian dalamnya. Meski begitu dalam hal ini sang installer tetap berhasil membenamkan cukup banyak perangkat audio di area dalam mobil ini. Apa saja itu, berikut kami paparkan ulasannya.

Di tempat head unit terpasang Pioneer  AVH-A5150BT. Kemudian untuk speaker depan masih menggunakan komposisi 2way. Karena sistem yang dianut adalah SQL, jadi sebagian besar speaker terpasang di bagian belakang. Di bagian bagasi Yaris ini terpasang dua set speaker split 2way dari JBL untuk penghasil tonalnya. Dari dua set yang terpasang salah satunya menggunakan horn tweeter agar suaranya terdengar lebih lantang. Kemudian sebagaiu penyembur suara bass-n6ya dipercayakan pada empat buah subwoofer. Dari empat subwoofer tersebut dua diantaranya ditanamkan dalam box ported, dan dua lagi dalam box sealed.

Selain bagian bagasi, bila kita lihat pintu tengah Yaris ini juga turut ditanami 3set speaker coaxial. Tujuannya tak lain adalah untuk memperkuat suara tonal yang dihasilkan. Karena bila hanya mengandalkan dua set split saja rasanya tak cukup untuk menghasilkan suara yang benar-benar lantang.

Selain modofikasi pada sector audio, beberapa bagian lainnya juga nampaknya turut diberi sentuhan modifikasi oleh sang pemilik. Hal tersebut membuat Yaris ini terlihat lebih berbeda dari lainnya. Tampilannya eyecatching, menjadi magnet tersendiri bagi siapapun yang melihatnya.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.