Harmonic Harmony Cable Harmonic Harmony Cable
Beberapa orang mungkin masih belum terlalu aware dengan sector yang satu ini, yakni perkabelan. Beberapa menganggapnya masih sebagai hal spele yang tak memiliki dampak... Harmonic Harmony Cable

Penunjang untuk hasil suara yang lebih baik

Amoplus Magazine – Beberapa orang mungkin masih belum terlalu aware dengan sector yang satu ini, yakni perkabelan. Beberapa menganggapnya masih sebagai hal spele yang tak memiliki dampak terhadap perubahan hasil suara.  Namun sebetulnya hal tersebut keliru. Di dunia audio, semua hal  yang bekaitan dengan sistem tentunya memiliki pengaruh terhadap perubahan hasil suara. Soal besar kecilnya perubahan tergantung dari seberapa baik material yang dipergunakan dalam pembuatan perangkatnya.

Pekan lalu empat seri kabel Harmonic Harmony masuk ke lab Amoplus. Keempat seri kabel tersebut antara lain adalah; Acapella IC, Octave IC, Interlude IC, dan Concerto IC. Masing-masing memiliki fitur yang berbeda. Untuk lebih lengkapnya kami akan coba paparkan sebagai berikut.

Yang pertama adalah seri Acapella. Ia lebih direkomendasikan untuk penikmat karakter suara yang natural. Bila dibedah isi dari Harmonic Harmony Acapella ini terdiri dari 4 kabel 20 AWG OFC solid core dengan twisted structure. Diameternya dari luar sebesar 7.5 mm.

Kemudian yang kedua adalah seri Octave. Sekilas ukurannya dari luar tak terlihat jauh berbeda dengan seri Acapella. Seri Octave memiliki diameter luar sebesar 7 mm. Yang membedakan adalah isi dari seri Octave ini hanya terdiri dari kabel, yaitu 21 AWG OCC & 21 AWG OFC multi strand. Untuk strukturnya sendiri masih sama di-twisted. Penggunaan kabel ini sanggup membuat hasil suara menjadi lebih detail.

Selanjutnya adalah Interlude series. Secara ukuran, seri ini sedikit lebih besar dari dua seri sebelumnya, yakni 8.5 mm diameter luar. Isi dari seri ini terdiri dari 2 x 16 AWG OFC multi strand dengan twisted sturture.

Yang terakhir adalah seri Concerto. Dari tiga saudaranya yang kami sebutkan di atas, dialah yang paling tinggi. Diameternya dari luar sebesar 8.5 mm, sama seperti seri Octave. Namun di bagian dalamnya seri ini berisikan 2 x 20 AWG OCC solid rectangular.

Di dunia Audio, kabel memiliki peranan penting dalam menghasilkan suara yang baik. Di lapangan sering kali kita menemukan dua buah mobil yang secara perangkat terlihat menggunakan produk sama namun berbeda hasil suaranya. Hal-hal seperti itu biasa terjadi di dunia audio, dan itu lumrah. Karena sejatinya dalam audio bukan hanya perangkat saja yang menentukan hasil suara, namun beberapa part lainnya juga turut punya andil, salah satunya adalah kabel. Percaya atau tidak namun hasilnya dapat dirasakan.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.