Amoplusmagz
Ground Zero GZNT 22SQ Ground Zero GZNT 22SQ
Ground zero belum lama ini kembali merilis beberapa produk barunya untuk pasar tanah air. Salah satu yang diluncurkan adalah tweeter GZNT 22SQ. Sesuai dengan... Ground Zero GZNT 22SQ

Kecil-Kecil Cabe Rawit

Amoplus Magazine – Ground zero belum lama ini kembali merilis beberapa produk barunya untuk pasar tanah air. Salah satu yang diluncurkan adalah tweeter GZNT 22SQ. Sesuai dengan nama di serinya, tweeter ini sejatinya memang didesain untuk bermain di ranah SQ. Dimensinya bisa dikatakan masih sama seperti tweeter-tweeter aftermarket pada umumnya. Ukurannya hanya sebesar 22mm/ 0.87” saja. Kelihatannya memang mungil, namun jangan anggap remeh kemampuannya dalam merepro suara di high frequency. Ibarat cabe rawit, meskipun kecil tapi pedasnya menggigit.

Beberapa waktu lalu tweeter ini singgah di lab Amoplus. Sesampainya di tempat kami tentunya sobat sudah bisa menebak apa yang selanjutnya akan kami lakukan. Yap betul, kami akan kupas tuntas tweeter ini sekaligus icip-icip sedikit untuk mengetahui kinerjanya.

Beberapa part yang terdapat pada GZNT 22SQ antara lain adalah coated soft dome, untuk housingnya terbuat dari anodyzed aluminum, dan di bagian terminal sudah menggunakan gold plate.

Sebelum benar-benar melakukan pengujian, terlebih dahulu kami mempersiapkan alat-alat bantu referensi kami. Kebetulan di lab kami sudah memiliki satu set speaker 2way yang biasa kami gunakan untuk pengujian.dalam hal ini posisi tweeternya kami ganti menggunakan GZNT 22SQ. Satu power 4 kanal kami gunakan untuk mendrive speaker. Dan untuk piranti pemutar filenya kami menggunakan satu head unit single din.

Setelah semua terhubung kami coba memutarkan beberapa track lagu. Genre-nya lebih banyak yang bernuansa akustik agar lebih mudah mengenali karakter suara dari si tweeter. Setelah beberapa saat lagu diputar kami mulai kenal dengan karakter suara yang dihasilkan.

Rasanya sangat renyah, gemericik suara di frekuensi atas terdengar memiliki detail yang baik. Porsinya terbilang pas, tak terlalu tipis juga tak terlalu tebal. Pada dasarnya suara yang dihasilkan nyaman saat sampai di telinga, tak sampai membuat telinga menjadi lelah bila mendengarkan dalam jangka waktu yang lama.

Spesifikasi :

  • Model                                                 : High-Performance tweeter
  • Diameter                                            : 22 mm / 0.87″
  • Power Handling (RMS/max.)        : 60 / 100 Watts
  • Impedance                                         : 4 Ohms
  • Efficiency                                            : 89.5 dB
  • Frequency Response                        : 2000 Hz – 28 kHz, 2000 Hz – 30 kHz
  • Voice Coil                                           : 22 mm / 0.87″
  • Membran Layout                              : Coated soft dome
  • Magnet material                               : Neodymium
  • Mounting Depth                               : 23.1 mm / 0.91″
  • Resonance Frequency (Fs)             : 825 Hz

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − seventeen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.