Great Sound & Briliant Achievement Great Sound & Briliant Achievement
Mobil yang terpampang di sampul majalah Amoplus edisi kali ini datang dari workshop Dynamics Autosound, Jakarta. Audionya mengadopsi genre SQ (sound quality). Selain untuk... Great Sound & Briliant Achievement

Punya suara merdu, audio di mobil ini berhasil buahkan banyak prestasi gemilang

Amoplus Magazine – Mobil yang terpampang di sampul majalah Amoplus edisi kali ini datang dari workshop Dynamics Autosound, Jakarta. Audionya mengadopsi genre SQ (sound quality). Selain untuk konsumsi harian audio yang terpasang sejak awal memang dibangun secara lebih serius untuk mengikuti kompetisi. Jadi bila kita lihat banyak treatment tak biasa yang coba diterapkan sang installer pada mobil besar ini. Hal tersebut semata-mata dilakukan demi mendapat hasil suara yang lebih optimal.

Sejatinya Toyota Alphard memiliki ruang kabin yang cukup lapang. Jadi untuk urusan penempatan perangkat tentunya sudah tak akan menjadi masalah lagi. Dalam hal ini sang installer lebih fokus untuk memperbaiki akustik ruangan pada kabin mobil ini. Beberapa lembar peredam pun dibubuhkan di sejumlah sisi. Selain membuat mobil lebih senyap peredaman juga dimaksudkan untuk membuat mobil terasa lebih rigid.

Mengenai perangkat, sebagian besar yang tertanam di mobil ini berasal dari brand Crescendo. Perangkat dengan label Crescendo dapat kita temukan pada bagian speaker, amplifier, sampai ke prosesor yang digunakan berasal dari brand yang sama. hanya pada bagian head unitnya saja yang berbeda.

Tempat head unit dipercayakan pada Sony HiRes. Dalam hal ini sang pemilik nampaknya lebih memprioritaskan kinerja head unitnya untuk reproduksi suara. Sony RSX-GS9 sejatinya memang dikenal memiliki reproduksi suara yang baik. Kemampuannya dalam melumat file beresolusi tinggi menjadikannya sebagai salah satu head unit andalan dalam ajang kompetisi.

Di kabin depan terpasang satu set komposisi speaker 3way Crescendo Evolution Nine. Tweeter dan midrange ditempatkan di pilar A dengan pilar custom yang volumenya telah disesuaikan. Sementara itu untuk midbass masih mengisi posisi standardnya pada trim pintu depan. Bila dilihat lebih seksama, “rumah” midbass di bagian trim pintu depan mobil ini sedikit berbeda dari biasanya. Ya, dalam hal ini sang installer telah membuatkan “rumah” baru untuk si midbass, tujuannya tentu saja agar kinerjanya lebih optimal.

Selain pada pilar A, komposisi speaker 3way juga bisa kita temukan di pilar B. Pemasangan speaker pada bagian ini sih sebetulnya bisa dikatakan optional, karena sewaktu-waktu sang pemilik ingin juga bisa menikmati sistem audio yang terpasang dari kursi penumpang di second row.

Di sektor penghasil suara bass telah dipasangkan satu unit subwoofer Crescendo berukuran 12″. Penempatan perangkat satu ini memang agak tersembunyi, namun dentaman suaranya tetap bisa dirasakan di kabin depan.

Total ada 4 amplifier ditanamkan di mobil ini. keempatnya ditempatkan di area belakang, berdampingan dengan ditempatkannya prosesor dari Crescendo. masing-masing amplifier telah dibebani tugas untuk mendrive speaker yang terpasang. Untuk pengaturan suaranya dilakukan dengan menggunakan fitur dari prosesor.

Setelah selesai dirombak audionya, mobil ini sempat beberapa kali diikut sertakan dalam ajang kontes audio mobil. Dan hasilnya cukup memuaskan. Sederet prestasi gemilang sanggup ditorehkannya. Beberapa diantaranya adalah King Sound of Asia, 3rd place Master 5000, dan 3rd place Multimedia 2.1.

Sampai dengan berita ini ditulis kabarnya si mobil masih sering turun di ajang kompetisi. Artinya bukan tak mungkin koleksi pialanya akan terus bertambah. Pada dasarnya ia memang memiliki sistem yang mumpuni. Jadi tak perlu heran bila setiap keikut sertaannya dalam kompetisi ia selalu berhasil menduduki podium.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 19 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.