Fokus Pada Hasil Suara Fokus Pada Hasil Suara
Dari luar penampilannya memang nampak biasa saja, ada sedikit ubahan namun tak terlalu mencolok. Bila tak coba masuk ke bagian dalam tentunya kita tak... Fokus Pada Hasil Suara

Minim kosmetik, perombakan audio pada Jazz ini difokuskan pada hasil suaranya

Amoplus Magazine – Modifikasi audio khususnya yang beraliran sound quality (SQ) memang terbilang unik. Tak jarang para penganut aliran ini membiarkan tampak luar mobilnya terlihat orisinil. Artinya seluruh perombakan atau modifikasi hanya di fokuskan pada sector audionya saja, seperti yang dilakukan oleh pemilik Jazz dari Medan ini.

Dari luar penampilannya memang nampak biasa saja, ada sedikit ubahan namun tak terlalu mencolok. Bila tak coba masuk ke bagian dalam tentunya kita tak akan tahu istimewanya dari mobil ini. Sejatinya audio di mobil ini telah dirombak. Proses perombakannya sendiri dilakukan oleh workshop Mengs Audio, Medan. Genrenya adalah SQ. dan seperti tadi kami jelaskan di awal, terkadang para penganut aliran SQ memang tak terlalu memprioritaskan soal tampilan. Bagi mereka yang terpenting adalah hasil suara dari sistem audionya. Dan hal tersebut terbuktikan dengan adanya mobil ini.

Sedikit melihat perangkat-perangkat audio yang terpasang, di tempat head unit ada Clarion HX-D2. Kemudian di kabin depan terpasang satu set speaker 4way sistem dari Gramond. Penggunaan sistem 4way belakangan ini menjadi marak seiring dengan berkembangnya era hi res audio. Sistem seperti ini digadang-gadang sanggup mereproduksi suara yang lebih mewah.

Speaker yang terpasang di kabin depan mendapatkan suplai daya langsung dari amplifier 4 kanal dari Gramond. Amplifier tersebut berada tepat di bawah kursi kemudi. Sebetulnya ada satu lagi amplifier yang terpasang di mobil ini, ia bera da tepat di bawah kursi depan sebelah kanan. Namun yang satu ini dikhususkan untuk menghidupkan subwoofer.

Sepertinya tak hanya bagian luar yang nampak tak terlalu banyak ubahan, tapi bagian dalamnya juga. Placement setiap perangkat benar-benar ditentukan agar tak sampai memakan space terlalu besar. Untuk itu amplifier dan prosesor pada mobil ini semuanya diletakan di bawah bangku saja, disembunyikan. Salah satu alasannya adalah untuk menghemat space.

Meski tak terlalu banyak ubahan dilakukan, nyatanya sistem audio di mobil ini berhasil mengeluarkan suara yang nyaman didengar. Dengan sepereti ini esensi dari kata SQ sendiri benar-benar dapat diimplementasikan dengan baik oleh sang installer. Tak terlalu “macam-macam”, namun suara yang berbicara langsung soal kualitasnya.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.