“Champies” from Indonesia “Champies” from Indonesia
Tiga Asia Champion Asia berasal dari Indonesia Ketiga mobil ini merupakan jawara di kancah Asia pada kontes USACI Asia Championship 2018/2019. Dua adalah mobil... “Champies” from Indonesia

Tiga Asia Champion Asia berasal dari Indonesia

Amoplus Magazine – Ketiga mobil ini merupakan jawara di kancah Asia pada kontes USACI Asia Championship 2018/2019. Dua adalah mobil dengan sistem audio beraliran SQL (Xenia & Civic), dan satu lagi SQ (Innova). Xenia digarap oleh workshop Forone Jakarta timur, Civic digarap oleh Sixtyone Bandung, sedangkan Innova oleh Music Art Jakarta.

Ketiga mobil ini bisa dikatakan sebagai mobil yang memang sudah matang di dunia kompetisi car audio. Digarap sejak lama dan seiring berjalannya waktu selalu dilakukan penyempurnaan pada sistem audionya. Jadi tak perlu heran bila mendengarkan suaranya yang mendekati kata sempurna.

Sebelum menjajaki kompetisi Asia ketiganya terlebih dahulu bertanding di tingkat nasional. Point demi point mereka kumpulkan demi tiket menuju Asia Championship. Di tingkat Asia Championship mereka bertemu dengan para kontestan dari China. Final USACI Asia tahun ini diselenggarakan di China namun nampaknya sederet gelar Asia Champion banyak diraih oleh kontestan asal Indonesia, termasuk diantaranya adalah oleh ketiga mobil ini.

Mengenai sistem ketiganya dibangun dari perangkat yang berbeda. Pada Innova head unit Bewith dipilih sebagai source utama. Untuk speakernya menggunakan Venture keluaran terbaru yang konon harganya cukup fantastis. Sementara itu di sektor amplifiernya menggunakan Zelos. Banyak treatment diaplikasikan pada Innova ini. Bila kita lihat treatment paling banyak dilakukan pada bagian pintu. Hal tersebut dilakukan semata-mata demi mendapat hasil suara yang lebih optimal.

Lanjut ke Xenia. Setidaknya dalam satu tahun terakhir ini jika kami perhatikan Xenia inilah yang memiliki rombakan paling ekstrim di sektor audionya. Ketimbang sebagai MPV mobil ini lebih tepat disebut sebagai “mobil tempur”. Di bagian dalamnya hanya tersisa satu bangku saja yanitu di bagian kemudi, selebihnya space digunakan untuk penempatan perangkat-perangkat audio. Mengenai perangkat sebagian besar yang terpasang disini berasal dari produk Gramond.

Mobil ke tiga adalah Civic. Awal 2018 kami bertemu dengan mobil ini kondisi bangkunya masih lengkap, tersedia untuk 4 penumpang. Berselang satu tahun, awal 2019 kami pertemu lagi dengan sosoknya yang kini sudah berubah total. Hampir serupa dengan Xenia, Civic ini pun telah menjelma menjadi sosok “mobil tempur”. Dua bangku bagian belakang dilepas, spacenya digunakan untuk menempatkan amplifier-amplifier Momentum berdaya raksasa. Pintu tengah mobil ini dipasangi sederet speaker penghasil tonal. Sementara itu bagian bagasi dikhususkan untuk penempatan dua subwoofer Momentum.

Sebagai informasi tambahan, Civic hitam milik Cevi ini pada USACI 2018/2019 berhasil memecahkan National Record untuk SPL Port Wars. Pada final lalu ia berhasil mencetak angka SPL sebesar 166.4 dB.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AMOPLUS Edisi 47
Bulan Mei

Pembelian Online Click :